Cegah Penyebaran COVID-19 , Pelayanan Pemerintahan di Cluring Pakai Sistem Online

by -339 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Untuk pencegahan sebaran COVID-19 pelayanan di desa – desa Kecamatan Cluring berlakukan pelayanan berbasis andoroid.

Menurur Imam Mushlikin Sekertatis Desa Tamanagung, masyarakat yang melakukan pengurusan terkait data diri cukup menunjukan surat pengantar kenpetugas tanpa memberikan surat tersebut.

iklan aston

Kemudian, petugas desa memprosesnya dan memberikan data prihal kepengurusan tersebut ke kepala desa melalui whatsapp. Jika sudah lengkap, maka kades menandatangani surat dari warga melalui sistem online program Sikawan.

Namun, sebelum masuk kantor warga diharuskan mencuci tangan dengan hand sanitizer di wastafell (tempat cuci tangan) yang disediakan pihak desa di pintu masuk.

Setalah dilakukan maka warga bisa masuk dan duduk jarak 1,5 meter dari petugas desa. Pihak desa yang melayani juga memakai masker mulut untuk pencegahan COVID-19.

“Kita terapkan sistem ini untuk pencegahan virus tersebut. Warga juga bisa melakukan pengurusan juga via Whatsapp. Bukan hanya warga, petugas desapun juga harus melakukan hal yang sama. Kami mohon maaf jika dirasa pelayanan kurang nyaman dan harap maklum,” jelasnya.

Begitu pula bagi masyarakat yang hendak mengurus surat di Kantor Kecamatan Cluring, warga harus cuci tangan, kemudian masuk ke bilik uap untuk membersihkan badan dari kotoran.

Menariknya, bilik yang dibuat pihak kecamatan ini menggunakan bahan herbal yakni daun sirih dan diuapkan melalui mesin uap yang dibuat dari ITB (Institut Tekhnologi Bandung). Jadi warga tak perlu khawatir, karena cairan disenfektan di Cluring bukan berbahan kimia.

“Tujuannya untuk pencegahan, semua desa-desa di Kecamatan Cluring juga menerapkan yang sama,” pungkas Camat Cluring Yopi Bayu Irawan. (yud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.