Kapolresta Banyuwangi Minta Masyarakat Pangkas Berita Hoax Corona

by -314 Views
Girl in a jacket

Foto: Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Arman Asmara Syarifuddin

Banyuwangi, seblang.com – Dalam upaya menciptakan ketenangan ketentraman di Masyarakat, Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, mengharapkan agar masyarakat memangkas dan tidak gampang menyebarkan berita hoax. Termasuk penyebaran virus Covid 19 atau Corona sebelum melakukan konfirmasi pada lembaga yang kompeten dalam masalah tersebut.

Menurut Perwira kelahiran Sulawesi itu, salahsatu kunci sebenarnya edukasi yang tepat, nyawanya di situ agar masyarakat tidak mudah untuk mempercayai sebuah berita hoax dan menyebar luaskan.”Karena berita hoax kalahnya sama fakta baik yang berupa foto maupun video semua kalah dengan fakta maka harus tabayun dulu,” jelas perwira low profile itu.

Lebih lanjut Kapolresta menambahkan apabila misalnya ada  masyarakat yang mendapatkan sebuah informasi, mereka harus menanyakan terlebih dahulu kepada pemerintah maupun kepolisian sebelum mentransmisikan kepada pihak lain agar tidak menambahkan permasalahan yang terjadi.

Kemudian yang paling penting, imbuh dia  yang pertama adalah masyarakat harus menanyakan apabila mendapatkan berita kepada kepada instansi ataupun pemerintah yang memang tugas pokok fungsi (tupoksi) nya di situ.

Kedua tidak mudah menyebarkan informasi atau berita yang belum pasti kebenarannya karena sesuai dengan undang undang IT mereka justru bisa berurusan dengan aparat hukum apabila berita yang dishare tidak sesuai fakta sebenarnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.