BPBD Minta Masyarakat Lebih Waspada

by -262 Views
Girl in a jacket

foto : Kondisi sebagian wilayah Desa Alasrejo pasca musibah bencana banjir

Banyuwangi, seblang.com – Pasca terjadi musibah Bencana Banjir Bandang, pada Sabtu (07 Maret 2020) di Dusun  Kebunrejo Rt.01,02,03 / Rw.03 Desa  Alasrejo Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi meminta masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai Curah Kramasan meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya banjir susulan.

Menurut Eka Muharam, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi pasca musibah banjir tersebut Minggu, 08 Maret 2020 Tim Reaksi Cepat  (TRC BPBD Banyuwangi  bersama Forpimka  Wongsorejo ,Forpimdes Alasrejo melakukan peninjauan kejadian bencana. Bencana itu telah mengakibatkan sekitar 50  rumah rusak,  8 sepeda motor hanyut,  3 jembatan ambrol dan hancurnya sekitar  2 hektare persawahan milik warga masyarakat.

Selanjutnya tim melakukan assasment validasi data terdampak dan melakukan penanganan darurat di titik yang belum ada penanganan yang membutuhkan bantuan penanganan darurat dari tim TRC BPBD;

Setelah dilakukan assasment dan validasi data, dampak musibah bencana banjir di Alasrejo antara lain; 1 jembatan beton (terputus pondasi kiri kanannya), 2 jembatan kayu (ambrol),2 bongkahan bambu ambrol menutup aliran sungai Kramasan, imbuh Eka.

Kemudian tim menemukan area kebun jagung yang baru ditanam rusak dan terancam gagal panen yang luasnya sekitar  2 hektare di sepanjang aliran luapan Curah Kramasan. Ada 8 unit sepada motor  terbawa arus, 5 buah ditemukan sisanya masih dalam pencarian.

Tim TRC juga menemukan 40 rumah warga mengalami rusak ringan dimana  air meluap memporakporandakan perabotan yang ada dalam rumah. Kemudian 10 rumah rusak sedang  dengan kondisi dinding rumah jebol dan air menghanyutkan perabotan rumah.

Selain itu hewan peliharaan  warga juga banyak yang hilang dan hanyut terbawa derasnya air,  sumur warga tercemar luapan lumpur dan air keruh dan terjadi pendangkalan saluran air dan jalan rusak di penuhi sampah.”Akibat dari jembatan yang ambrol memutuskan akses jalan antar RT di Dusun Kebunrejo Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi.

Lebih lanjut Eka Muharam menambahkan upaya yang dilakukan TRC BPBD Banyuwangi setelah melakukan Assasment Validasi Data di lokasi kejadian dan melakukan penanganan darurat seperti pemotongan pohon yang roboh dan penyemprotan/pembersihan rumah warga terdampak.”Selanjutnya  melakukan pengkajian awal kejadian di lapangan dan melaporkan serta mengkoordinasikan kepada pimpinan maupun dinas terkait untuk penanganan lebih lanjut,” jelasnya.

Unsur yang terlibat dalam penanganan bencana di Desa Alasrejo tersebut, antara lain; BPBD Banyuwangi,TNI / POLRI, Camat Wongsorejo dan Jajarannya, Kades & Sekdes  Desa Alasrejo dan SENKOM Mitra Polri  Banyuwangi serta warga desa Alasrejo.(nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.