Produsen Arang Wringinrejo Dukung Program Ipuk – Sugirah

by -684 Views
Foto : Produksi arang Wringinrejo (yud)
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dukungan Program peningkatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang diusung Cabup (Calon Bupati) dan Cawabup (Calon Wakil Bupati) Kabupaten Banyuwangi Nomor Urut 02 mulai mewabah ke masyarakat.

Salah satunya M. Soleh Pradana pemroduksi arang kayu Dusun Mulyorejo, Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran. Terkait program tersebut menurutnya sangat dinanti masyarakat, terlebih selama ini usaha kecilnya berjalan dan nyaris tidak mendapat suport dari instansi manapun di Banyuwangi.

iklan aston

“Sangat mendukung, jika UMKM menjadi prioritas progam Cabup – Cawabup Nomor urut 02,” jelas M. Soleh Pradana disela kegiatan produksi tersebut.

Dalam proses produksi arang, dia melibatkan warga di sekitarnya kususnya kaum hawa untuk dipekerjakan di tempat usahanya. Mereka bertugas untuk memilah hasil produksi dan pengemasan.

“Selain dapat upah, mereka juga dapat ilmu pembuatan arang,” paparnya.

Untuk bahan baku pembuatan arang, dia lebih memanfaatkan limbah kayu pohon jeruk. Pohon keras seperti pohon lamtoro, rambutan, batok kelapa dan pohon lainnya juga dimanfaatkan untuk produksinya.

“Bahan baku mudah di dapat. Sementara ini produksi tetap jalan,” terangnya.

Terkait leading sektor, dia mengaku tak kesulitan. Hasil produksi selain di wilayah Banyuwangi, juga dikirim ke Pulau Bali dan Jember. Meski begitu, dalam proses priduksi dia hanya mengalami kendala di mesin pembuatan arang.

“Pemasarannya lumayan. Kendalanya hanya di alat. Kita masih menginginkan uluran bantuan terkait mesin briket arang,” ujarnya.

Kelebihan produksi arang di tempat M. Sholeh Pradana adalah, selain arang yang dijual, limbah arang dari batok kelapa juga laku dijual untuk campuran pupuk organik. Karena turunan proses pembuatan arang batok kelapa menghasilkan asap cair untuk menanggulangi hama yang ramah lingkungan. Pelet arang bisa sebagai media tanam anggrek.

“Tambak udang sebagian juga pakai arang untuk filter airnya. Kita juga pernah mengikuti pemeran ekonomi kreatif di Banyuwangi. Saya pribadi sangat mendukung program UMKM. Karena bisa untuk lowongan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” pungkas M. Soleh Pradana.

Wartawan : M. Yudi Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.