Perayaan 1 Muharam di Pekulo Tak Meriah Seperti Tahun Sebelumnya 

by -489 Views
Girl in a jacket

Foto : Kegiatan Grebek Suro di Dusun Pekulo (yud)

Banyuwangi, seblang.com – Meski tak semeriah Grebek Suro tahun – tahun sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19 ini warga Dusun Pekulo, Desa Kepundungan Kecamatan Srono, tetap melaksanakan kegiatan peringatan malam Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1442 Hijriyah, Rabu (19/8/2020).

iklan aston

Kegiatan yang digelar tepat di malam 1 Suro di pertigaan dusun setempat ini berlangsung hikmat. Warga yang datang tetap mematuhi protokol kesehatan, sembari membawa ancak dijajar rapi di pusat jalan.

Andre Subandriyo ketua pelaksana kegiatan memaparkan, ancak yang terkumpul sebanyak 1442 ancak. Selain di pusat jalan, saking banyaknnya warga yang antusia ancak – ancak tersebut juga dijajar rapi di jalan permukiman warga setempat.

Di lokasi kegiatan, warga sangat hikmat mengikuti kenduri memanjatkan doa secara bersama – sama, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk keselamatan dan keberkahan.

“Ritual inti juga tetap dilaksanakan di Sumberjeding. Perwakilan beberapa warga melakukan prosesi ider bumi. Hal ini dilakukan, supaya warga tak terlalu berkerumun, dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ahamdulillah, kegiatan tahun ini bisa tetap kita laksanakan,” jelas Andre Subandriyo.

Usai memanjatkan doa bersama tak lama kemudian, brukk! ancak – ancak tersebut dierebutkan warga. Mereka meyakini terdapat berkah tersendiri, karena telah dibacakan doa dan diamini oleh ribuan warga. (yud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.