Siswa di SMAN 1 Cluring Masih Ditarik SPP

by -997 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sudah ditiadakan menyusul adanya BPOPP (Biaya penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan). Tapi kenyatannya beberapa sekolah masih memungut SPP dari para siswa.

Sebelumnya sempat ramai di salah satu SMAN di Kabupaten Banyuwangi adanya penarikan SPP sebesar Rp 100 ribu/Perbulan. Ternyata hal Serupa juga terjadi di SMAN 1 Cluring.

iklan aston

Siswa yang belajar di SMAN 1 Cluring masih terbebani biaya bulanan dengan istilah SPP sebesar Rp 50 ribu/bulan

Padahal menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa timur wilayah Banyuwangi, Istu Handono,  SPP sejak tahun 2019 telah dihapus,

“SPP di Jatim sejak tahun 2019 sudah dihapus karena Pemprop Jatim telah menganggarkan melalui dana yang disebut BPOPP. jadi jika masih ada sekolah yang menggunakan istilah SPP ,maka harus diluruskan, ini sudah saya sampaikan dalam berbagai kesempatan,” ungkap Istu.

Menurut Kacabdin, Kepala Sekolah SMAN 1 Cluring menyatakan khilaf. “Khusus SMA Cluring Kepala Sekolahnya sudah klarifikasi dan menyatakan khilaf serta bersedia mengganti istilah,” imbuhnya

Namun Sayangnya, Kepala Sekolah SMAN 1 Cluring, Dwiyanto, Saat dinkonfirmasi melalui Saluran telpon enggan berkomentar, dan ketika awak media berusaha menemui di sekolah pun Kasek tidak ada di sekolah.

Sebelumnya  dikutip dari beberapa media,  Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa mengatakan bahwa SPP untuk SMA dan SMK Negeri Gratis.

Khofifah pun meminta kepada sekolah untuk tidak melakukan pungutan kepada siswa, khususnya peserta didik baru dalam bentuk dan nama apapun.

“Program SPP gratis inj sudah berjalan sejak 2019 lalu, jadi sekolah tidak di perkenankan memungut Rupiah sepeserpun dari siawa, semua gratis, seluruh jatim,” ungkap Khofifah di gedung negara Grahadi. (ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.