Inovasi TIC Digital Nusantara Semakin Manjakan Wisatawan Nusantara dan Manca Negara Nikmati Liburan

by -165 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Jakarta, seblang.com – Platform TIC Digital Nusantara akan menjadi pusat informasi pemasaran pariwisata di Indoensia berbasis teknologi informasi yang memudahkan wisatawan dalam merencanakan perjalanan wisata dengan lebih baik dan leluasa. Hanya dengan klik atau memindai kode barcode, wisatawan dapat mengakses berbagai informasi wisata. Mulai dari objek wisata, akomodasi, transportasi, hingga layanan lainnya.

Ungkapan tersebut disampaikan Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Dwi Marhen Yono, dalam acara launching TIC Digital Nusantara di Jakarta pada Senin (14/10/2024).

iklan aston

“Wisatawan bisa mendapatkan informasi pemasaran pariwisata yang lengkap dan aman dengan sangat mudah hanya dengan sekali klik atau Scan QR-code saja,” ujar pencetus inovasi TIC Digital Nusantara, sekaligus peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Di dalam Platform TIC Digital Nusantara antara lain terdapat; Pak Wisnu (TOP 100 Paket Wisata Nusantara) dan beberapa paket wisata dari mitra Online Travel Agent (OTA), Traveloka, Mister Aladin, Tiket.com, Djalanin.com, Atourin, serta masih banyak lagi, tambahnya.

Lebih lanjut dia menuturkan semangat inovasi TIC Digital Nusantara, sesuai dengan target Menparekraf RI, Sandiaga Uno, yaitu untuk memanjakan wisatawan dengan informasi yang lengkap dan mudah diakses. Harapannya, akan berdampak positif pada seluruh elemen pariwisata di Indonesia.

Setelah dilaunching nya TIC Digital Nusantara oleh Menparekraf, Sandiaga S. Uno platform digital tersebut langsung terkoneksi dengan 330 titik Robot TV dan 12 Videotrone hasil kerjasama Kemenparekraf dengan PT. NDS, hal itu langsung di benarkan oleh Darmadi selaku Presiden Direktur PT. NDS.

Kedepan, TIC Digital Nusantara diharapkan segera di replikasi oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi dan kabupaten / kota se Indonesia. Sehingga TIC Digital Nusantara tersebut akan tersedia diseluruh provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia. Termasuk disetiap ruang publik, seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, destinasi wisata dan lain sebagainya.

Pembentukan platform TIC Digital Nusantara, merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur digital. Mulai dari peningkatan kecepatan, efisiensi dan digitalisasi layanan imigrasi hingga peningkatan konektivitas dan kecepatan internet.

“Bagi wisatawan, kini akses ke destinasi-destinasi utama di Indonesia seperti Bali, Lombok, Jakarta, Surabaya, Labuhan Bajo, Danau Toba, Likupang dan lain-lain menjadi lebih cepat dan mudah,” imbuh Dwi Marhen Yono.

Sementara Widya Iswara Utama sekaligus Wali Angkatan Diklat Kepemimpinan Nasional / PKN II Angkatan 16 tahun 2024 LAN RI, Dr. Makhdum Prayitno, menyatakan, semua peserta PKN I & II wajib membuat proyek perubahan yang bukan hanya sekedar wacana, tetapi harus konkrit serta bermanfaat untuk bangsa dan negara.

”Kami ucapkan selamat kepada Pak Dwi Marhen Yono yang sudah menyelesaikan Milestone proyek perubahannya “TIC Digital Nusantara”, semoga bermanfaat untuk kemajuan pariwisata Indonesia,” ujar Makhdum Prayitno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.