Samakan Persepsi PCNU Banyuwangi Karteker Terus Lakukan Konsolidasi Organisasi 

by -1746 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam upaya menyamakan persepsi Jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi Karteker terus melakukan program konsolidasi organisasi ke pengurusan di tingkat kecamatan dan mengumpulkan para Pengurus Ranting NU dan Badan Otonom (Banom) NU di wilayah tersebut.

Program konsolidasi ormas Islam terbesar di Banyuwangi tersebut dijadwalkan secara maraton mulai 27 September sampai dengan 13 Oktober 2024 mendatang.

iklan aston

Menurut Katib Syuriyah PCNU Banyuwangi Kiai Sunandi Zubaidi, program yang dilaksanakan sebagai bentuk konsolidasi organisasi untuk menyamakan persepsi pengurus di semua tingkatan.

“Kami menjalankan mandat dari PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) untuk melakukan konsolidasi hingga ke Ranting-Ranting dan Badan Otonom,” ungkapnya saat ditemui di Kantor PCNU Banyuwangi, pada Rabu (2/10/2024).

Kiai Sunandi menuturkan hasil monitoring yang dilakukan, antara lain pihaknya masih menemukan ada pemahaman yang berbeda di level Ranting NU tentang kepengurusan karteker PCNU Banyuwangi. Seperti halnya tentang duduk perkara, kronologi sampai tugas-tugas dari kepengurusan karteker yang ada saat ini.

“Selama ini, pengurus karteker sering difitnah dan diterpa isu miring. Seperti halnya PBNU dzalim, tidak sah secara hukum, politis dan lain sebagainya. Ini yang kami luruskan. Agar semua pengurus NU hingga di level Ranting bisa faham,” terang Pengasuh Ponpes Al-Kalam, Blimbingsari Banyuwangi itu.

Lebih lanjut dia mengungkapkan pihaknya menepis anggapan apabila agenda konsolidasi yang dilaksanakan berkaitan dengan momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Banyuwangi yang salah satu kontestannya adalah KH M. Ali Makki Zaini (Gus Makki), Ketua PCNU Banyuwangi yang dikarteker oleh PBNU. Menurut dia pemikiran tersebut hanya tafsir yang tidak berdasar.

“Tidak ada kaitannya (dengan Pilkada). Ini untuk membuat seluruh struktural NU bisa koheren. Selaras. Jika ada yang mengaitkan dengan Pilkada, itu mengada-ada,” tegasnya.

Alumnus Ponpes Lirboyo tersebut menjelaskan bahwa PCNU Banyuwangi bekerja keras menjalankan mandat yang diberikan oleh PBNU. Sejak 9 Maret 2024 lalu, telah dilakukan tugas-tugas keorganisasian. Dari konsolidasi, penertiban aset hingga mempersiapkan konferensi.

“Dengan keterbatasan personalia karteker, kita kerja keras untuk menjalankan tugas-tugas yang diberikan PBNU. Ini jelas menyita waktu dan tenaga. Sehingga baru sekarang bisa turba menyapa semua Ranting,” paparnya.

Perlu diketahui, SK Karteker PCNU Banyuwangi pertama kali terbit pada 9 Maret 2024 dan berlaku selama tiga bulan. Pada 9 Juni 2024, PBNU menerbitkan SK Karteker yang baru dengan penambahan personalia. Keputusan ini berlaku hingga 9 September 2024.

Saat ini, PBNU telah memperpanjang kepengurusan karteker Banyuwangi hingga dua bulan ke depan. “Kami berusaha mempersiapkan segala sesuatunya sebagaimana petunjuk PBNU. Semoga semuanya bisa segera terpenuhi, sehingga bisa dilakukan konferensi sebelum masa khidmat karteker habis,” pungkas Kiai Sunandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.