Satgas Covid-19 Banyuwangi Kembali Aktifkan Check Point di Pelabuhan Ketapang

by -353 Views
Rapid test Antigen secara acak di Pelabuhan Ketapang
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Tepat di hari Natal 25 Desember 2020, Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi mengaktifkan kembali check point yang ada di pelabuhan penyeberangan Ketapang. Mereka yang baru saja menyeberang dari Bali tersebut wajib menjalani tahapan prokes yang diterapkan oleh petugas.

Hal tersebut bertujuan guna mencegah penyebaran Covid-19 pada liburan Natal dan Tahun Baru 2021 yang dapat menyebabkan klaster baru.

iklan aston
debat capres

Pantauan seblang.com, kendaraan roda empat ataupun lebih seperti truk dan bus yang hendak meninggalkan pelabuhan, terlebih dahulu disemprot disinfektan dengan menggunakan mobil water cannon milik Polresta Banyuwangi.

Para penumpang pun, yang baru saja menyeberang dari Bali, baik pengguna motor ataupun yang berjalan kaki diwajibkan melewati lorong khusus. Mereka satu persatu dicek suhu tubuhnya menggunakan thermogun dan disemprot disinfektan.

Disamping itu, petugas juga akan melakukan rapid test antigen secara random dengan tujuan memastikan masyarakat yang datang dari Bali masuk ke Jawa Timur melalui Banyuwangi, benar-benar sehat dan bebas Covid-19.

“Tujuannya untuk menekan penyebaran Covid-19, sehingga angka pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona dapat turun dan terkendali,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara saat memantau check point di pelabuhan penyeberangan Ketapang, Jumat (25/12/2020) petang.

“Kita sudah siapkan ribuan alat rapid test antigen,” imbuh Arman yang juga sebagai Wakil Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi.

Di kesempatan tersebut, Kombes Pol Arman juga membagikan minuman vitamin C kepada para pengemudi untuk meningkatkan imunitas tubuh mereka agar tetap sehat.

“Meningkatkan imunitas tubuh sangat penting sekali di masa pandemi seperti saat ini. Salah satunya dengan mengkonsumsi vitamin C, agar tubuh kita tetap sehat dan tidak mudah tertular virus,” ujarnya.

Arman juga mengimbau masyarakat untuk selalu disiplin patuhi protokol kesehatan. Karena vaksin dari Covid-19 itu sendiri, kata Arman, adalah disiplin diriĀ  untuk mematuhi 3 M, yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Wartawan : Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.