Tanpa Izin Pengadilan Tahanan Kota di Banyuwangi Plesiran ke Luar Kota Dalih Periksa Kesehatan

by -687 Views
Tampak terdakwa (dalam lingkaran merah) bersama rekan-rekannya
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kasus dugaan pemalsuan surat hibah yang melibatkan Agus Sudirman alias Sinwa (78) mendapat sorotan publik. Terdakwa yang sedang menjalani tahanan kota diduga melakukan ‘plesiran‘ ke luar kota dengan dalih pemeriksaan kesehatan.

Dalam sidang lanjutan pada Kamis (15/8/2024), Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Banyuwangi, Dr. I Gede Yuliartha, S.H., M.H., mempertanyakan kebenaran kabar tersebut. “Apakah benar Saudara ke luar kota, ke Surabaya?” tanya Hakim I Gede.

iklan aston
Persidangan terdakwa Agus Sudirman di Pengadilan Negeri Banyuwangi

Menanggapi pertanyaan tersebut, kuasa hukum terdakwa, Eko Sutrisno, menyatakan bahwa kliennya memang berobat ke Surabaya pada 3-4 Agustus. Namun, ketika ditanya mengenai izin, Eko menjawab bahwa izin tersebut diperoleh dari kejaksaan.

Mendengar jawaban ini, Ketua Majelis Hakim langsung memberikan teguran. Beliau menegaskan bahwa pemberian izin untuk terdakwa merupakan kewenangan majelis hakim, bukan kejaksaan. “Harusnya ini kewenangan Majelis Hakim untuk memberikan izin, dan dalam sepengetahuan majelis hakim,” tegasnya.

Selain menegur pihak terdakwa, Ketua Majelis Hakim juga mengingatkan jaksa penuntut umum agar berkoordinasi terkait masalah izin terdakwa. “Karena kewenangan penahanan itu ada di pengadilan, maka kewenangan izin apa pun itu ada di pengadilan, entah bersifat insidentil ataupun keperluan mendesak pada Sabtu-Minggu,” ujar Hakim. “Tolong ke depannya koordinasi, karena kami memiliki kewenangan memberikan izin atau tidak. Entah itu alasan berobat atau apa pun,” tambahnya.

Berdasarkan informasi dan dokumentasi yang diperoleh seblang.com, pengusaha kelas kakap di Banyuwangi ini diduga mengikuti kegiatan Gathering Trip Yayasan Budi Mulia Abadi.

Ia terlihat menaiki bus pariwisata bersama rombongan. Kegiatan tersebut diperkirakan berlangsung pada 3-6 Agustus 2024 di Surabaya dan Batu, sesuai dengan tanggal yang tertera pada banner foto bersama.

Terdakwa asik berjoget

Yang lebih mengejutkan, Agus yang mendapat izin pemeriksaan kesehatan dari kejaksaan tampak segar bugar dan jauh dari kesan orang sakit yang membutuhkan perawatan medis. Bahkan, dalam salah satu video, terdakwa terlihat asyik berjoget gaya “Slenger Truck Tua” bersama para koleganya dalam sebuah acara perjamuan.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.