Sukses Besar, Event ‘Sepekan di AWT Banyuwangi’ Diperpanjang hingga 14 Juli

by -557 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Gelaran “Sepekan di Agrowisata Tamansuruh (AWT)” Banyuwangi mendapat animo besar dari masyarakat. Event yang digelar mulai 26 Juni hingga 7 Juli 2024 ini dihadiri ribuan orang setiap hari. Melihat antusiasme tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memperpanjang acara hingga 14 Juli 2024.

Sejak dibuka, AWT dikunjungi rata-rata 3.000 orang per hari. Jumlah ini meningkat hingga 400 persen pada akhir pekan, mencapai 12.000 pengunjung dalam sehari.

iklan aston

“Kami senang destinasi ini menjadi tujuan liburan yang diminati masyarakat. Pengunjung umumnya datang dalam rombongan besar. Selain hiburan, tersedia juga spot-spot edukatif yang cocok untuk semua kalangan usia,” ujar Bupati Ipuk, Senin (8/7/2024).

“Karena itu saya minta event ini diperpanjang, apalagi saat ini masih musim liburan sekolah. Masyarakat atau komunitas yang ingin menggelar event di sini dipersilakan. Silakan manfaatkan ruang publik di sana, hubungi Dinas Pertanian Banyuwangi,” tambah Ipuk.

AWT saat ini dikelola oleh Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi. Kepala Dinas, Arief Setiawan, menjelaskan bahwa pemkab mempersilakan warga yang akan menggelar event atau aktivitas positif lainnya di kawasan AWT.

“Di AWT banyak ruang publik yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar acara. Cukup izin ke kami, hubungi drh. Nanang (08155907149),” kata Arief.

Sepekan di AWT menyuguhkan paket wisata lengkap, meliputi panorama pegunungan, pertunjukan seni budaya, arsitektur, fashion, edukasi, pertanian, hingga olahraga.

Agrowisata Tamansuruh merupakan destinasi wisata berbasis pertanian seluas 10,5 hektar. Pengunjung dapat menikmati udara segar khas pegunungan, hamparan aneka bunga berwarna-warni, serta tanaman yang menyegarkan mata.

Terletak di lereng Gunung Ijen, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, destinasi yang telah direvitalisasi dengan dukungan Kementerian PUPR ini menawarkan pemandangan Pegunungan Ijen dan Selat Bali dari ketinggian sekitar 450 mdpl. Pengunjung dapat menikmati pemandangan eksotis ini dari aula besar yang dikelilingi kolam air di tengah kawasan.

Arief menambahkan, sejak dibuka pada 26 Juni lalu, total kunjungan ke AWT mencapai 72.000 pengunjung. “Senin-Kamis rata-rata 3.000 orang, Jumat 4.000 orang, Sabtu 8.000 orang, dan puncaknya Minggu sekitar 12.000 orang. Jumlah ini dihitung berdasarkan tiket parkir kendaraan karena tiket masuk pengunjung digratiskan,” jelasnya.

Dalam Sepekan di AWT juga diselenggarakan Festival Arsitektur Nusantara (FAN) 2024, yang menampilkan desain arsitektur bertema “arsitektur dan air”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.