Aksi Demonstrasi PC PMII Situbondo Minta Para Mafia Tambang di Situbondo Ditindak Tegas

by -645 Views
Wartawan: Kadari
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Ratusan massa turun jalan yang dilakukan oleh PC PMII Situbondo menuju Mapolres Situbondo sempat terhalang oleh kawat berduri di jalan PB Sudirman sekitar kurang lebih 200 Meter dari gerbang Mapolres Situbondo, Kamis, (20/6/2024).

Meskipun diblokade kawat berduri oleh pihak kepolisian, Ratusan massa PC PMII Situbondo tetap memaksa dan mencoba menerobos blokade kawat berduri dan hampir sempat ricuh, akhirnya pihak kepolisian dapat meredam para aksi tersebut dan membuka blokade kawat berduri dan memberikan ruang untuk bisa menyampaikan aspirasinya didepan Mapolres Situbondo dengan kesepakatan melakukan aksi damai tanpa anarkis.

iklan aston

Aksi yang dilakukan oleh PC PMII Situbondo menuntut para mafia tambang ditindak tegas oleh aparat penegak hukum di Kabupaten Situbondo.

“Kami punya data 64 tambang yang ada di Kabupaten Situbondo yang legal sekitar kurang lebih 13 tambang, dan kami berharap kepada aparat penegak hukum untuk menindak tegas para mafia tambang yang ada di Kabupaten Situbondo secara tuntas dan dari hasil aksi tadi kami berkomitmen bersama kepolisian bahwa ini akan ditindak secara tegas, dan kalau misalkan ini tidak sesuai dengan komitmen kita ini kami pastikan akan turun kembali,” ucap Lukman Ketua PC PMII Situbondo.

Sementara itu Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, jika aksi hari ini aksi damai dari adik adik PMII Situbondo terkait tindak Pidana Agraria atau adanya tambang tambang yang ilegal dimana mereka meminta kepada pihak Polres Situbondo untuk menertibkan terkait hal tersebut.

“Hal ini kita bisa duduk bersama di mana yang dianggap ilegal kita harus melakukan penyelidikan dan tentu akan melibatkan semua pihak terkait, dan dari situ kalau memang ada tindak pidana maka kita akan naikkan ke tahap penyidikan, saya sependapat dengan adek adek dari apa yang sudah disuarakan memang keberlangsungan hidup kita, dan kalau alam kita rusak tentunya anak cucu kita tidak bisa menerima hal hal yang baik nantinya,” singkatnya.

Dari apa yang sudah menjadi kesepakatan antara PC PMII dan Pihak Kepolisian Situbondo para Aksi PC PMII Situbondo berangsur membubarkan diri secara tertib dan para aksi tersebut juga membersihkan sampah di sekitar lokasi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. (/////)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.