Kelompok Umyah Limbah Curhat Kepada  Anggota DPRD Banyuwangi asal PKB

by -488 Views
Suasana pertemuan Kelompok Umyah Limba dengan suami Anita Rani, Anggota DPRD asal PKB di Basecamp Umyah Limbah di Dusun Krajan Barat Desa Labanasem Kecamatan Kabat – Banyuwangi (Foto : Nurhadi/seblang.com
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam upaya menyampaikan curhatan dan aspirasi pemuda, Organisasi Lintas Pemuda Desa Labanasem Kecamatan Kabat mengundang Anita Rani, SH, anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi PKB.

Agenda pertemuan Organisasi Lintas Pemuda Desa Labanasem  dengan Anita Rani, SH, anggota DPRD digelar di basecamp Umyah Limbah di Dusun Krajan Barat Desa Labanasem Kecamatan Kabat – Banyuwangi, Minggu (26 /09/2021) malam.

iklan aston

Menurut Moh. Hasbi, Ketua Umyah Limbah. pihaknya ingin menyampaikan aspirasi dan curhatan kegelisahan hati pemuda sehingga menghadirkan bertemu dengan Anita Rani, SH, Anggota DPRD Banyuwangi yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Banyuwangi.

Hasbi menuturkan dia bersama dengan semua anggotanya ingin  mengenalkan karya dan kreasi yang dilakukan  kelompok pemuda desanya. Untuk sementara pendanaan mulai dari terbentuknya kelompok murni swadaya angota dengan cara iuran.

Sejarah awal terbentuknya kelompok Umyah Limbahdimulai dengan adanya seorang  pemuda Dusun Krajan Barat, bernama Ahmad Fitroni yang akrab dipangil Potrok yang dikenal memiliki sklill atau kemampuan dan sangat potensial dalam bidang konveksi.

“Potrok memiliki pengalaman di bidang konveksi yang cukup lama. Sejak lulus SMA dia langsung merantau Pulau Dewata dan selama di Bali dia bekerja sampai benar-benar terampil,” jelas Hasbi.

Sementara Potrok, menambahkan hampir semua jenis pekerjaan dia lakukan dan akhirnya sampai pada satu pilihan pekerjaan yakni di bidang konveksi.

Berawal dari gabut (gelisah tak menentu) akhirnya Potrok mencoba- coba dengan memanfaatkan mesin jahit hasil kerja dari Bali dengan membuat produk dompet yang berbahan dasar kain limbah  Jeans dan  kulit. Kemudian hasilnya diphoto dan diunggah di media sosial (Medsos) dan mendapat respons positif dari netizen. Sehingga bersama kelompok pemuda desa ingin mengembangkan usahanya.

Sesuai dengan jadwal pertemuan yang disepakati antara kelompok Umyah Limbah dengan  Anita Rani, anggota DPRD  asal Kecamatan Kabat. Namun karena ada kepentingan dan kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan Anita Rani  diwakili oleh suaminya Heru Pratista (mantan anggota dewan 2 periode dari PDI Perjuangan) yang saat ini aktif di PKB Banyuwangi.

Heru mengungkapkan pihaknya sangat berterima kasih atas undangan kelompok Umyah Limbah  dan tidak lupa meminta maaf keinginan bertemu langsung dengan istrinya belum bisa terlaksana.“Tetapi sama saja apa yang disampaikan dan curhatan para pemuda ini nantinya  akan tersampaikan ke istri saya,” tegasnya.

Selanjutnya Heru menuturkan  semua pemuda – pemudi membutuhkan dukungan dan suport untuk aktifitas positifnya. Hal tersebut merupakan salahsatu bentuk kewajiban dan  tanggung jawab wakil rakyat di dewan. Apalagi dalam sejarah selama kontestasi pemilihan DPRD baru kali ini anggota legislaif yang asli orang Kecamatan Kabat.

Pihaknya juga akan menindaklanjuti apa yang disampaikan para pemuda / pemudi yang berpotensi dan butuh dukungan. Dengan limbah kain  didaur ulang menjadi produk yang menghasilkan rupiah, salah satunya rintisan usaha kelompok”Umyah Limbah”.

Dalam pertemuan tersebut hadir beberapa pengurus organisasi kepemudaan, Pengurus Ikatan Pelajar IPNU / IPPNU PAC Kabat, Ibu – ibu Muslimat dan Komunitas Sampur Literasi Di Banyuwangi.

Penulis : Nurhadi

Editor : Herry W. Sulaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.