BPBD Mengimbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim yang Timbulkan Pohon Tumbang

by -350 Views
Awas bahaya pohon tumbang (istimewa)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi (BPBD) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan mengatisipasi cuaca ektrim akibat perubahan musim kemarau ke musim penghujan pada Oktober mendatang.

Perubahan musim kali ini berpotensi menimbulkan angin kencang hingga puting beliung. Oleh sebab itu BPBD mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai potensi adanya pohon tumbang di kabupaten Banyuwangi.

iklan aston

Hal ini disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan BPBD Yusuf Arif yang menuturkan  tentang  adanya potensi pohon  tumbang mengingat banyak pohon besar yang sudah berusia tua.

Lebih jauh pada periode normal intensi hujan tinggi terjadi di bulan Desember  hingga Januari hal ini juga harus diwaspadai karena  dapat menyebabkan debit air sungai tinggi

“Kita juga Imbau agar masyarakat yang sedang melakukan perjalanan supaya berhenti sejenak jika ada cuaca ekstrem maupun angin kencang. Dikhawatirkan pohon di pinggir jalan patah atau tumbang menimpa pengendara,” kata Yusuf (27/09/2021).

Pihaknya juga berharap dengan adanya prakiraan cuaca hingga pemetaan lokasi rawan bencana dapat membuat masyarakat lebih waspada. Sehingga apabila terjadi angin kencang, puting beliung, maupun banjir sudah bisa di antisipasi dan agar  tidak menimbulkan korban jiwa.

Penulis : vian Sumbawanto

Editor: Herry W. Sulaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.