Banyuwangi Terpilih Sebagai Tempat Program BSBI Tahun 2021 yang Diikuti 9 Orang dari 8 Negara

by -483 Views
Latihan tari di kantor Disbudpar Banyuwangi (foto : Nurhadi/seblang.com)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Sebagai salah satu daerah yang dikenal memiliki kekayaan seni budaya di Indonesia, Kabupaten Banyuwangi kembali terpilih sebagai  lokasi pelaksanaan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) 2021 bersama 6 kabupaten/kota  di Indonesia yang lain.

Program pelatihan diberikan mendatang secara virtual dengan jadwal dalam satu minggu ada dua pertemuan. Program BSBI tahun 2021 dilaksanakan mulai tanggal 25 September sampai dengan 14 November 2021.

iklan aston

Mentor dan pelatih berasal dari Sanggar  Seni Jenggirat Blambangan  Banyuwangi. Adapun tempat pelatihan di Pelinggihan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi

Menurut Kepala Disbudpar Bayuwangi M Y Bramuda, BSBI merupakan program tahunan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI yang berupa pemberian beasiswa kepada pemuda dari sejumlah negara sahabat. Program tersebut sempat terhenti pada tahun 2020 karena ada pandemi Covid 19.

Tujuan diadakan BSBI adalah upaya memperkenalkan berbagai ragam identitas dan kepribadian bangsa Indonesia.  Pada tahun ini kembali diselenggarakan secara virtual dan diikuti oleh 47 pemuda dan pemudi dari 21 negara di Wilayah Asia Pasifik, Eropa dan Afrika.

Pejabat yang akrab disapa Bram itu menuturkan sejak 2018,  Banyuwangi telah menjadi langganan sebagai tempat berlangsungnya program BSBI. Selama pelaksnaan program para mahasiswa asing tersebut tinggal selama beberapa bulan untuk belajar seni budaya Banyuwangi.

Pada tahun 2019 lalu Banyuwangi yang dikenal sebagai serpihan tanah surga di ujung timur Pulau Jawa juga terpilih sebagai tuan rumah Pagelaran Seni Indonesia Channel (Inchan) yang merupakan puncak acara pelaksanaan program BSBI.

Selam mengikuti program BSBI, para peserta akan memperoleh pelatihan seni dan budaya Indonesia berupa seni tari, lagu daerah dan kriya.

Untuk tahun ini Banyuwangi  menerima 9 peserta yang berasal dari Malaysia, Thailand, Philippina, Jepang, Fiji, India, Indonesia, dan 2 orang dari Australia. Mereka didampingi oleh 2 pelatih/ mentor dan seorang translator.

Selain mengandung unsur pendidikan dan pelatihan, pelaksanaan program BSBI ini sekaligus dapat menjadi ajang promosi aneka ragam kekayaan seni budaya Banyuwangi kepada masyarakat mancanegara khususnya untuk kalangan muda dan pecinta seni budaya,jelas Bram kepada wartawan media ini melalui WhatsApp (WA) Minggu (26/09/2021).

“Ini dapat menjadi sebuah jaringan Friends of Indonesia, yang disatukan oleh kecintaan pada seni budaya, dan nantinya mereka akan turut mempromosikan Banyuwangi ke negaranya masing-masing.” pungkasnya. (

Penulis : Nurhadi

Editor : Herry W. Sulaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.