Inovasi Tourist Information Center Digital Nusantara Dinobatkan Juara 2 Nasional

by -780 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Jakarta, seblang.com – Tourist Information Center (TIC) Digital Nusantara atau TIC Digital Nusantara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), dinobatkan sebagai Juara 2 Nasional Proyek Perubahan dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024, LAN RI.

Inovasi yang dicetuskan oleh Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenparekraf RI, Dwi Marhen Yono bersama Superteam Kemenparekraf RI dan  melibatkan banyak Stakeholder (Kementerian / Lembaga, Industri Pariwisata, Asosiasi Pariwisata dan Pemda Prov/kab/kota se Indonesia).

iklan aston

Pencapaian gemilang karya Marhen putra daerah Banyuwangi, Jawa Timur, tersebut diumumkan dalam Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Jakarta, Kamis (24/10/2024).

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur. Semoga prestasi ini menjadi motivasi sekaligus penyemangat bagi kami untuk terus bergerak, berjuang demi kemajuan sektor pariwisata Indonesia,” ujar Dwi Marhen Yono.

TIC Digital Nusantara merupakan Proyek Perubahan dalam keikut sertaan Marhen, sebagai delegasi Kemenparekraf RI dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024, LAN RI.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 orang pemimpin terbaik se Indonesia dari lintas lembaga pemerintahan tersebut dilaksanakan mulai 4 Juni – 24 Oktober 2024.

Dalam Diklat, peserta mendapat tugas untuk membuat Proyek Perubahan sebagai bentuk inovasi kongkrit seorang pemimpin. Yang tidak berhenti dilevel konsep, tetapi harus bisa merealisasi dalam waktu 2-3 bulan saja.

Dwi Marhen menuturkan program TIC Digital Nusantara, dimentori langsung oleh mantan Menparekraf RI Sandiaga S. Uno dan Deputi Pemasaran, Ni Made Ayu Marthini.

TIC Digital Nusantara, menjawab kebutuhan wisatawan untuk dapat mengakses informasi pemasaran pariwisata yang sangat mudah lengkap dan aman serta memanfaatkan / kolaborasi dengan website Kemenparekraf RI sebelumnya, Wonderful Indonesia, khususnya website Indonesia.Travel.id.

Dengan inovasi TIC Digital Nusantara, wisatawan cukup dengan Scan Barcode bisa mendapatkan informasi referensi wisata secara lebih mudah, cepat , aman dan lengkap. Mulai dari paket wisata, hotel atau penginapan, jasa Guide, destinasi unggulan, tempat kuliner, transportasi/ Rent Car dan masih banyak lagi.

Inovasi TIC Digital Nusantara juga hasil kolaborasi dengan mitra Online Travel Agent (OTA) : Traveloka, Tiket.Com, Mister Aladin, Djalanin.com dan Atourin, selain juga kolaborasi dengan Asosiasi : GIPI, PHRI, HPI, ASITA, ASTINDO dan lain sebagainya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Menteri Sandiaga Salahuddin Uno serta Ibu Wamen Angela Tanoesudibjo dan Bu Deputi, atas bimbingan dan arahannya, sehingga kami mampu mencetuskan inovasi TIC Digital Nusantara,” tambah Marhen.

Setelah dinobatkan Juara 2 nasional, pekerjaan rumah (PR) besarnya adalah dalam jangka menengah  atau 6 bulan ke depan TIC Digital diharapkan direplikasi oleh 10 Provinsi di Indonesia sesuai dengan Pedoman Kemenparekraf RI Nomor PDM/4/PM.01.00/MK/2024 tentang Pengembangan Tourist Information Center (TIC) Digital Nusantara yang sudah disahkan pada 18 Oktober 2024.

Kemudian dalam jangka panjang  atau12 bulan ke depan TIC Digital diharapkan direplikasi oleh 38 Provinsi se Indonesia.

Lebih lanjut Marhen berharap keberhasilan TIC Digital Nusantara menjadi Juara 2 Nasional menjadi kado spesial untuk Menteri Pariwisata yang baru , Widiyanti Putri Wardhana dan  Wamen Niluh “Puspa” Enik Ernawati. Juga bagi Menteri Ekonomi Kreatif RI Teuku Riefky Harsya dan Wamen Ekraf RI Irene Umar.

Sekadar informasi Peringkat Pertama Terbaik Nasional Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024, LAN RI, diraih Muharromi, Asisten Deputi Wawasan Kebangsaan, Pertahanan dan Keamanan Kementrian Sekretaris Negara (SETNEG) RI.

Muharromi membuat inovasi berlabel Strategi Integrasi Layanan Akademik Mahasiswa Sebagai Wujud Pencapaian Indikator Kinerja Utama (SILAM IKU) Institut Seni Indonesia Padangpanjang./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.