Festival Padang Ulanan Buka Rangkaian Gandrung Sewu 2024

by -1144 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Festival Padang Ulanan resmi membuka rangkaian pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu 2024 di Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Kamis (24/10/2024). Ratusan seniman cilik menampilkan beragam kesenian khas Bumi Blambangan sebagai pembuka event yang akan memuncak pada Sabtu (26/10/2024).

“Festival ini adalah panggung bagi anak-anak Banyuwangi yang punya passion di bidang seni tari, sekaligus ajang mengenalkan kekayaan seni tari daerah,” ujar Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Taufik Rohman.

iklan aston

Para pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA tampil memukau dengan membawakan Tari Gandrung Gurit Mangir, Tari Cunduk Menur, Sorote Lintang, Jakripah, dan kesenian Jaranan Buto. Pertunjukan ditutup dengan flashmob dan Paju Gandrung di tepi Pantai Boom Marina.

Penampilan memesona para seniman muda berhasil mengundang decak kagum penonton, termasuk wisatawan asing. “Ini sangat menghibur, bagaimana banyak seni yang bisa kita lihat. Saya menikmati pertunjukannya,” kata Piotrek, wisatawan asal Polandia.

Rangkaian menuju Gandrung Sewu akan dilanjutkan dengan pertunjukan Meras Gandrung dan Wayang Gagrak pada Jumat (25/10/2024). Puncak acara pada Sabtu mendatang akan menampilkan lebih dari 1.000 penari dalam tari kolosal bertema “Payung Agung” yang merepresentasikan keberagaman etnis di Banyuwangi, meliputi suku Osing, Jawa, Madura, Mandar, dan Bali.//////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.