Mencetak Miliuner Cilik: Kisah Inspiratif Sri Irdayati

by -572 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Sri Irdayati
iklan aston

Jakarta, seblang.com – Siapa sangka film kartun bisa menginspirasi seseorang untuk mengubah masa depan anak-anak? Inilah yang dialami Sri Irdayati, wanita berusia 25 tahun yang terobsesi menciptakan wirausahawan muda berkat tokoh Richie Rich, bocah miliuner dalam kartun populer Amerika.

“Dunia usaha dan manajemen perlu diperkenalkan sejak dini, bahkan kepada siswa sekolah dasar,” ujar Irda dengan penuh semangat. Tanpa persiapan yang rumit, lulusan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro ini memulai misinya di sebuah rumah kontrakan di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

iklan aston

Di ruang tamu yang sederhana, tujuh anak berusia 6-12 tahun berkumpul, mata mereka berbinar-binar mendengarkan Irda. Mereka bukan hanya belajar, tapi juga bermain – merangkai manik-manik menjadi perhiasan sambil mempelajari dasar-dasar keuangan dan strategi bisnis.

“Kelas saya gratis,” ungkap Irda, yang lahir di Pemangkat, Kalimantan Barat pada 6 Juli 1985. Ia berbagi ruang dengan suaminya, Dedi Purwanto, yang mengajar kursus Bahasa Inggris di tempat yang sama.

Suasana kelas dipenuhi tawa dan diskusi serius. Irda meminta murid-muridnya berbelanja dan menyusun neraca keuangan sederhana. Yang unik, setiap peserta, termasuk Irda sendiri, menggunakan sebutan “bos” – seolah menanamkan jiwa pemimpin sejak dini.

Dengan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, Irda berharap dapat memupuk bibit-bibit pengusaha sukses masa depan. Siapa tahu, dari kelas kecil ini akan lahir Richie Rich asli Indonesia yang mampu mengubah perekonomian bangsa. Irda pun menjadi salah satu penerima SATU Indonesia Awards untuk tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.