Lapas Banyuwangi Memperingati Maulid Nabi Muhammad 1446 H, Lengkap dengan Endhog-Endhogan

by -27 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur menggemakan sholawat dan tradisi endhog – endhogan ( Bunga telur) dalam rangka menyambut Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad  1446 H, Rabu (18/9) pagi.

Lantunan sholawat kepada Nabi Muhammad  dipimpin oleh Majlis Ratib & Sholawat Mahabbatun Nabi Banyuwangi yang memiliki slogan “ Mari Kita Niat Untuk Membahagiakan Hati Rasulullah  ”. Adapun  Mubaligh yang  menyampaikan dakwah yaitu Al – Mukarrom Ustadz Abdul Ghoni yang berasal dari Banyuwangi.

iklan aston

Kepala Lapas (Kalapas) Banyuwangi Agus Wahono beserta jajaran dan Warga Binaan bersama-sama mengumandangkan sholawat sebagai bentuk kecintaan dan penghormatan terhadap Nabi Muhammad .”Peringatan  Maulid Nabi Muhammad  merupakan momen untuk memperkuat nilai-nilai spiritual antara Warga Binaan”, sambut Agus.

“Kami percaya pembinaan spiritual adalah salah satu kunci penting dalam membentuk karakter dan kepribadian yang lebih baik bagi Warga Binaan. Melalui kegiatan ini, kami berharap mereka memperdalam nilai-nilai keagamaan dan meningkatkan kesadaran diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik”, tambahnya.

“Kami akan terus mengadakan kegiatan keagamaan sebagai upaya membentuk Warga Binaan berakhlak mulia dan siap kembali ke masyarakat dengan bekal keimanan yang kuat”, tutupnya.

Lebih jauh, Ustadz Abdul Ghoni dalam tausiahnya menekankan pentingnya sholawat sebagai bentuk kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad . “Sholawat adalah doa dan pengingat bahwa kita harus meneladani sifat-sifat mulia Rasulullah  dalam kehidupan sehari-hari. Di tempat seperti ini, Warga Binaan memiliki kesempatan untuk lebih dekat dengan Allah SWT dan Maulid Nabi adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki diri,” jelasnya seraya mengajak Warga Binaan agar tidak putus asa dalam memperbaiki diri.

Tausiyah ini disambut antusias oleh Warga Binaan yang terlihat khusyuk mendengarkan setiap nasihat yang disampaikan. Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan Warga Binaan mengambil pelajaran dari peringatan Maulid Nabi Muhammad  dan menjadikannya sebagai inspirasi untuk perubahan yang lebih baik di masa depan.

Dalam peringatan PHBI Maulid Nabi Muhammad  khususnya di Kabupaten Banyuwangi terdapat tradisi unik Festival Endhog – Endhogan yang dicetuskan oleh Mbah KH. Abdullah Faqih bin Umar atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah KH. Faqih Cemoro yang merupakan ulama besar di zaman kolonial.

Agus menyebut bahwa tradisi endhog – endhogan adalah telur yang direbus dan dihias dengan bunga kertas lalu ditancapkan ke jodhang (pohon pisang berhias) serta diarak mengelilingi blok hunian Lapas Banyuwangi dan diiringi dengan pembacaan sholawat terhadap Nabi Muhammad .

Berkenaan dengan makna yang terkandung dalam setiap komponen Festival Endhog – Endhogan yaitu telur yang terdiri dari tiga bagian (kulit, putih telur dan kuning telur). Fase kulit disimbolkan sebagai fase lahir, putih telur sebagai fase hidup di dunia dan kuning telur sebagai fase akhir kehidupan.

Makna telur yang ditancapkan ke jodhang melambangkan Iman, Islam dan Ihsan yang disatukan dan ditegakkan ke atas berdasar kalimat Allah SWT serta kelurusan, kekuatan, dan keteguhan yang tinggi dalam meneladani Nabi Muhammad.

Selanjutnya makna pohon pisang yang dapat bermanfaat disetiap bagiannya, sama seperti setiap muslim yang mampu menjadi pribadi yang bermanfaat. Sebagaimana Nabi Muhammad  yang selalu memberi manfaat kepada seluruh umat manusia.

Dan yang terakhir adalah hiasan kertas berbentuk bunga yang berwarna – warni. Memiliki makna sebagai simbol bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan yang agung, serta manusia dengan akhlak yang sempurna dan indah dengan ajaran yang penuh kedamaian./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.