Ribuan Orang Tua di Banyuwangi Ikuti Sekolah Parenting yang Difasilitasi Pemkab

by -2215 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memfasilitasi program edukasi parenting bernama Sekolah Orang Tua Hebat (Sobat) yang telah diikuti oleh ribuan orang tua siswa. Program ini diinisiasi oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, dengan tujuan menciptakan keselarasan antara pendidikan dan pengasuhan yang diperoleh anak di rumah dan di sekolah.

Angkatan pertama Sobat diikuti oleh 7.155 orang tua dan berlangsung selama empat bulan. Bupati Ipuk menekankan pentingnya dukungan orang tua dalam pendidikan anak, terutama di era digitalisasi saat ini. “Anak-anak kita adalah generasi alpha yang lahir di tengah dunia yang erat dengan digitalisasi. Mereka memiliki akses mudah ke berbagai informasi dan menghabiskan banyak waktu di depan gadget dibandingkan berinteraksi dengan orang tua,” ujar Ipuk saat mewisuda lulusan Sobat angkatan pertama di GOR Tawangalun, Banyuwangi, Kamis (5/9/2024).

iklan aston

Mengutip pesan Sahabat Nabi, “Didiklah Anakmu Sesuai Zamannya,” Ipuk menekankan pentingnya orang tua untuk terus mengasah ilmu parenting yang sesuai dengan era saat ini. “Mari bersama-sama kita ciptakan generasi yang berkarakter bagus, kuat, tangguh, dan optimis dalam menghadapi masa depan,” ajak Ipuk.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno, menjelaskan bahwa peserta Sobat merupakan orang tua atau wali murid dari 337 lembaga pendidikan, mulai dari jenjang PAUD, SD, hingga SMP. Materi yang dibahas dalam setiap pertemuan mencakup berbagai tema penting, seperti memahami perkembangan anak, pengembangan bakat dan minat, penumbuhan budi pekerti, kemandirian, tanggung jawab, pencegahan bullying dan kekerasan, komunikasi efektif antara orang tua dan anak, serta peran orang tua dalam literasi.

“Pembelajaran Sobat angkatan berikutnya akan segera dimulai. Kami berharap jumlah peserta akan semakin bertambah seiring dengan meningkatnya kesadaran orang tua akan manfaat program ini,” tutup Suratno. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.