Catut Nama Babinsa dan Tidak Netral Akhirnya Lurah Mimbaan Situbondo Meminta Maaf

by -311 Views
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Netralitas ASN sangat penting dalam pemilihan bupati maupun gubernur untuk menciptakan situasi kondusif di setiap Kabupaten, agar bisa terciptanya Pemilukada Damai .

Di Kabupaten Situbondo salah satu Lurah di Kecamatan Panji, diduga telah melakukan tindakan keberpihakan  sehingga berani menugaskan Babinsa untuk menutup sementara salah satu Banner Bakal Calon Bupati yaitu Mas Rio.

iklan aston

Dalihnya karena Bupati Situbondo mau menghadiri dalam rangka undangan acara jalan santai untuk memeriahkan momen HUT – 79 RI yang diselenggarakan oleh salah satu ketua RT.

Padahal banner Mas Rio Bakal Calon Bupati Muda 2024 yang terpampang di sekitar area acara itu tidak menggangu aktivitas acara yang diselenggarakan oleh ketua RT setempat, karena banner dipasang dihalaman salah satu rumah warga bukan dipasang di luar rumah warga.

Hal ini menjadi pertanyaan besar bagi pemilik rumah yang memasang banner sendiri yang mendukung Mas Rio untuk menjadi Bupati Muda Situbondo.

Pertanyaan dilakukan oleh pemilik rumah yang memasang banner Mas Rio melalui cat WhatsApp kepada Lurah Mimba’an, namun dari pertanyaan tersebut kurang memuaskan sehingga Lurah Mimba’an mengundang untuk mediasi di Kantor Kelurahan Mimba’an dan dihadiri oleh Danramil Panji Serta Kapolsek Panji juga Perwakilan dari Kecamatan beserta beberapa masyarakat setempat.

Lubis salah satu pemuda Kecamatan Panji yang mengatakan dalam mediasi berlangsung untuk meminta klarifikasi atas apa yang sudah disampaikan oleh lurah melalui cat WhatsApp nya.

Yang pertama kenapa harus Banner Mas Rio ditutup, dan bagaimana sikap kenetralan lurah yang juga sebagai ASN, yang ketiga kenapa harus membawa nama Babinsa, apakah benar Babinsa menerima tugas dari pak lurah untuk menutupi Banner Mas Rio karena persoalan Bupati hadir dalam acara tersebut.

Hal tersebut langsung mendapat jawaban dari Suyitno Danramil Panji Kabupaten Situbondo dalam rapat mediasi bersama, dan dirinya memastikan dengan tegas jika anggotanya tidak pernah menerima tugas yang dimaksud.

“Kami sangat hati hati dalam menjalankan tugas negara apalagi ini tahun politik, yang pasti kami tidak melakukan itu, dan kami tidak pernah mendapatkan tugas untuk menutup atau menurunkan banner Mas Rio, kami sangat netral dan kami akan selalu menjaga kondusifitas masyarakat Situbondo dalam mengahadapi tahun politik ini, kami sangat hati hati dan kami itu tidak bodoh,” tegasnya, Selasa, (20/8/2024).

Tidak hanya itu Lettu Suyitno Danramil juga meminta kepada Lurah Mimba’an untuk bisa memberi penjelasan dan tidak mencampur adukkan kepentingan politik karena dalam tubuh TNI benar benar harus netral.

“Kami katakan jika Babinsa kami tidak pernah menutup banner Mas Rio, dan mohon kepada bapak lurah untuk bisa mengatakan yang sebenarnya,” pintanya.

Mendapat pertanyaan langsung dari Lettu Suyitno Danramil. Lurah Mimba’an tidak bisa mengelak dan memberikan pertanyaan pembenaran lagi sehingga Lurah Mimba’an rela mengakui kesalahannya dan meminta maaf terhadap masyarakat dan TNI – Polri atas apa yang sudah diperbuatnya di lingkungan RT.003 RW.012 Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

“Saya Lurah Mimbaan Nur Ilham Arifin SSos, memohon maaf kepada masyarakat terkait penutupan banner Rio Patennang dalam acara jalan sehat Hari Minggu tanggal 18 Agustus 2024 di rumah Bapak Haji Hari yang dihadiri oleh Bapak Karna Suswandi sebagai Bupati Situbondo. Yang kedua permohonan maaf kepada TNI yang sudah mencatut nama Babinsa yang telah melakukan penutupan terhadap baner Rio Patennang,” kata Lurah Mimbaan saat menyampaikan permohonan maaf.

Setelah mendengarkan apa yang sudah disampaikan oleh Lurah Mimba’an atas permintaan maaf dihadapan Danramil Serta Kapolsek Panji dan beberapa Masyarakat, Mediasi langsung ditutup meskipun sempat alot hingga acara tersebut bisa ditutup dengan kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.