50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi Periode 2024-2029 Ikuti Gladi Bersih

by -160 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam rangka mendukung kelancaran dan kesuksesan prosesi pelantikan, 50 (Lima Puluh) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi terpilih periode 2024-2029 menjalani gladi bersih di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banyuwangi pada Minggu (18/8/2024).

Menurut Sekretaris DPRD Banyuwangi, Alief Rachman Kartiono, gladi kotor dan gladi bersih yang digelar untuk memastikan semua rangkaian acara pelantikan berjalan dengan aman lancar dan sukses.

iklan aston

Program gladi bersih merupakan bagian akhir dari berbagai persiapan yang dilakukan sebelum acara pelantikan resmi yang dijadwalkan pada Rabu, 21 Agustus 2024 mendatang,.

“Kami harus mengatur segalanya dengan baik, mengingat jumlah anggota dewan yang cukup besar dan ruang yang terbatas,” ujar Alief.

Dia menuturkan prosesi pelantikan anggota dewan kali ini membawa nuansa berbeda dari periode sebelumnya. Selain mengikuti agenda rapat paripurna, anggota dewan akan berkumpul di ruang komisi sebelum mengikuti sesi foto resmi.

“Kami menyiapkan foto booth untuk mereka. Ibu Bupati juga dijadwalkan untuk mengikuti sesi foto bersama,” ujar Alief.

Selain itu, tradisi lokal akan menghiasi prosesi pelantikanpara wakil akyat, antara lain; anggota dewan akan menjalani pelantikan diiringi oleh alunan musik Cucuk Lampah, Gamelan dan Angklung saat memasuki Ruang Paripurna.

“Kami ingin menciptakan suasana yang nyaman dengan unsur budaya lokal,” tambahnya.

Selanjutnya Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Jember itu mengungkapkan, saat ini tahapan persiapan pelantikan sudah mencapai 80 persen. Sedangkan 20 persen sisanya adalah tahap finishing dan menunggu SK Gubernur Jawa Timur (Jatim).

Untuk memastikan keamanan acara pelantikan anggota DPRD Banyuwangi masa bakti 2024 – 2029, termasuk para tamu undangan yang hadir., pihak Sekretaris Dewan juga telah melakukan komunikasi dan koordinasi serta mendapat dukungan dari TNI, Polri dan Satpol PP.

“Pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas dan area sekitar gedung juga sudah diatur. Tamu undangan terdiri dari unsur Forkopimda, Forpimka, Kades, Lurah, Tokoh Masyarakat hingga keluarga anggota dewan terpilih, dimana setiap anggota dewan dibatasi enam orang anggota keluarga,” imbuhnya.

Saat pelantikan, sekretariat dewan (Setwan) juga akan mengumumkan unsur pimpinan DPRD Banyuwangi sementara. Pimpinan Dewan sementara ini, kata Alief, berlaku sampai ada penetapan ketua dan wakil ketua DPRD definitif.

Dimana untuk penetapan Ketua DPRD akan diisi oleh partai politik (Parpol) peraih suara tertinggi di Pemilu legislatif lalu. Kemudian tiga jabatan Wakil Ketua Dewan diisi oleh parpol peraih suara terbanyak kedua, ketiga dan keempat.

“Ketua DPRD Banyuwangi sementara dari PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu. Wakil Ketua I dari PKB, Wakil Ketua II menjadi milik Partai Demokrat, dan Wakil Ketua III dari Partai Golkar,” pungkas Alief.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.