Medco Cahaya Geothermal Ajak Media di Banyuwangi Jelajahi Proyek PLTP Ijen

by -2076 Views
Medco Cahaya Geothermal saat ajak media di Banyuwangi menjelajahi proyek PLTP Ijen
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) mengajak rekan-rekan media dan organisasi profesi wartawan di Banyuwangi untuk lebih dekat mengenal proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ijen.

Dalam kunjungan lapangan yang diselenggarakan pada Sabtu (10/8/2024), para jurnalis diajak melihat langsung perkembangan terkini proyek strategis nasional ini.

iklan aston

Sebagai pengembang PLTP Ijen, MCG telah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian ESDM untuk melaksanakan studi kelayakan proyek. Proyek ini sejalan dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) dan merupakan bagian penting dari upaya pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan serta mencapai kedaulatan energi.

“Pembangunan PLTP Ijen saat ini berjalan sesuai rencana, termasuk pembangunan transmisi 150 KV yang terbentang dari pembangkit menuju gardu induk PLN di Banyuwangi,” ungkap Ibnu Nurzaman, Senior Manager External Relations MCG.

Ia menambahkan bahwa tahapan pembangunan tapak tower dan kompensasi lahan untuk jaringan transmisi yang melewati lahan milik warga hampir rampung seluruhnya. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuh masyarakat dan pemerintah daerah.

Pada tahap pertama, PLTP Ijen akan menghasilkan listrik sebesar 34 MW yang akan memperkuat keandalan pasokan listrik di Jawa dan Bali. “PLTP Ijen akan menjadi proyek PLTP pertama di Jawa Timur dan kami berharap dapat menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Timur,” pungkas Ibnu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.