Dagangannya Laris Manis Tour De Banyuwangi Ijen Bawa Berkah bagi UMKM

by -2253 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kompetisi Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) membawa berkah tersendiri bagi pelaku UMKM Banyuwangi. Mulai dari pedagang kaki lima hingga perajin kaos mendapatkan omset berlipat ganda.

Ratusan pelaku UMKM mengais rezeki pada event balap sepeda yang berlangsung 22-25 Juli 2024. Mereka tersebar di lokasi start, finish, dan sepanjang lintasan yang dilalui pebalap.

iklan aston

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyatakan, salah satu tujuan utama digelarnya berbagai event di Banyuwangi adalah untuk menggerakkan ekonomi lokal, khususnya UMKM. “Kami bersyukur jika semakin banyak UMKM yang bisa merasakan manfaatnya.”

Muhammad Taufikin, pedagang mie ayam yang mangkal di area start di Kantor Pemkab Banyuwangi, mengaku omsetnya meningkat hingga tiga kali lipat.

“Saya sudah biasa kalau ada acara besar di pemda pasti sengaja bawa dagangan lebih banyak dari hari biasanya. Alhamdulillah sesuai prediksi, laris manis,” ujarnya.

Di hari biasa, Taufikin menyediakan 80 porsi mie ayam. Namun, selama TdBI dia menyediakan 300 porsi yang semuanya habis terjual. “Berkah banget, 900 mangkuk dalam tiga hari,” tambahnya.

Aris Budiyanto, pemilik Osing Story yang menjual kaos, memanfaatkan kesempatan berjualan di stand yang disediakan di lokasi start. “Saya senang bisa berjualan di sini. Ini kesempatan promosi yang bagus untuk usaha saya,” ujarnya. Aris mengaku omset penjualannya meningkat hingga 300 persen, dengan kaos anak-anak menjadi yang paling laris di hari pertama.

Suhartini, penjual es rumput laut di area Kecamatan Srono yang menjadi salah satu rute pembalap, juga merasakan dampak positif. “Saya senang ada event seperti ini, pembeli jadi ramai. Baru buka jualan sudah laku 20 mangkok,” katanya.

Di kawasan Gunung Ijen, Khotimah, pemilik warung yang menjual aneka makanan dan minuman, mengalami lonjakan pembeli saat berlangsungnya etape terakhir TdBI. “Setiap event balap sepeda tour de ijen seperti hari ini pembelinya langsung melonjak,” terangnya dengan gembira.

Event TdBI tidak hanya sukses sebagai ajang olahraga, tetapi juga berhasil menggerakkan roda ekonomi lokal dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat Banyuwangi.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.