Ciptakan Enterpreneur Muda Disnaker Kabupaten Malang Gelar Pelatihan Content Kreator

by -152 Views
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang Drs Yoyok Wardoyo saat memberikan arahan para peserta pelatihan conten creator
Girl in a jacket

Malang, seblang.com – Untuk  menurunkan tingkat  pengangguran dengan meningkatkan kompetensi tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang kembali gelar pelatihan content kreator sesi IV di hotel Tidar Malang.

Kadisnaker Kab Malang Drs. Yoyok Wardoyo, M,M kepada para peserta pelatihan menyampaikan Disnaker itu mempunyai fungsi sebagai pengampuh pelatihan yang mana pelatihan yang diselenggarakan Disnaker wajib berbasis sertifikasi kompetensi

iklan aston

“Berdasarkan data dari BPS tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Malang di tahun 2023 itu adalah 5,7% artinya terdapat 97.000 pencari kerja yang didominasi jurusan SMA dan SMK,” ungkap Yoyok Wardoyo pada awak media, Selasa (9/07/2024) petang.

CEO P4S Akademi Nurul Hidayati

Yoyok mengungkapkan tujuan pelatihan dari Disnaker dalam rangka menurunkan pengangguran terbuka dengan meningkatkan skill pencaker melalui pelatihan bersertifikasi kompetensi tambahan sehingga bisa berkompetisi untuk memasuki dunia industri maupun membuka lapangan kerja sebagai wirausahawan muda.

‘Dengan memberi pelatihan sertifikasi kompetensi, salah satu manfaat yang didapatkan para peserta adalah bisa mendapatkan referensi tambahan berupa ijazah sertifikasi kompetensi yang diakui dan bisa dipakai untuk tambahan kelengkapan kurikulum vitae untuk melamar pekerjaan,” jelas Yoyok.

Dirinya mengungkapkan berdasarkan data dari BPS tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Malang di tahun 2023 itu adalah 5,7% artinya terdapat 97.000 pencari kerja yang didominasi jurusan SMA dan SMK.

“Kita punya data berdasarkan wajib lapor ketenagakerjaan, itu ada kurang lebih 1800 industri atau perusahaan mulai mikro, kecil, sedang, menengah hingga besar,” terang Yoyok.

Lebih lanjut Yoyok menjelaskan jika pelatihan ini gratis dan dibiayai oleh negara dan akan lebih menarik jika peserta tertarik memasuki dunia industri.akan tetapi jika peserta tidak tertarik pada dunia industri maka pencaker akan diarahkan untuk menjadi seorang entrepreneur muda atau pengusaha muda.

“Untuk mewujudkan cita-cita itu, Disnaker mendatangkan beberapa narasumber kompeten salah satunya dari kepala dinas koperasi untuk memotivasi dan mengarahkan peserta menjadi seorang entrepreneur muda sebagai wirausahawan mikro,” ujarnya.

“Yang terpenting selain mendapat motivasi peserta diberitahu cara mendaftar ke dinas koperasi untuk mendapatkan NIB, kegunaannya jika usahawan muda tidak memiliki modal NIB bisa digunakan sebagai salah satu syarat untuk mengajukan KUR itulah kenapa Disnaker dalam setiap pelatihan menggandeng dinas koperasi,” kata Yoyok.

Selain itu Disnaker juga menghadirkan narasumber dari dinas perijinan perdagangan (Disperindag) jika kedepannya peserta ingin memperbesar usahanya dengan mendirikan CV atau PT lewat disperindag

Hal yang menarik dalam pelatihan yang digelar Disnaker Pemkab Malang adalah penguatan peserta mendapatkan literasi perbankan dari pihak bank yang tidak didapatkan di sekolah sehingga mampu membuat  perencanaan dan pengelolaan keuangan untuk mewujudkan impian dengan literasi perbankan dalam rangka memotivasi peserta untuk bisa menjadi seorang entrepreneur muda atau seorang bos

Selain itu Disnaker juga menghadirkan narasumber dari direktorat vokasi Universitas Muhammadiyah Malang untuk memberikan pemahaman jika peserta pelatihan tertarik menjadi pekerja formal di luar negeri.

Sementara itu  Nurul Hidayati, CEO P4S Akademi didampingi Direktur P4S Gideon Puja Alam di ditempat yang sama kepada awak media menyampaikan terima kasihnya kepada Disnaker Pemkab Malang atas terselenggaranya  pelatihan Content Kreator sesi IV yang peduli dengan masyarakat.

“Pelatihan ini adalah terobosan dan inovasi yang luar biasa dari Bupati Malang melalui Disnaker untuk melakukan sertifikasi para pencaker di kabupaten Malang,” beber Nurul.

Pelatihan Ini juga akan terus berkelanjutan nantinya, selain di bimtek dan sertifikasi dari LSP salaku mandatori dari BNSP para pencaker ini, “kami juga berkolaborasi dengan industri sebagai praktisi Content Kreator menjadi bagian marketing dari industri tersebut dan membantu UKM kita untuk naik kelas,” tandas Nurul.

Pelatihan Content Kreator sendiri dipilih sebagai salah satu materi dikarenakan peluang dan pangsa pasarnya sangat tinggi.

“Bahwa pada masa sekarang itu berdasarkan analisis digital data kita  kebutuhan Content Kreator saat ini lebih tinggi daripada yang lain dan banyak industri yang membutuhkan dan bertumbuh pesat,” pungkasnya.

Hadir pada pelatihan conten creator, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi Kabupaten Malang dan Bank Jatim.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.