Anugerah Musik Banyuwangi Cara Daerah Jaring Musisi Berbakat dan Lestarikan Warisan Budaya

by -339 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
Foto dokumentasi FGU 2023
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemkab Banyuwangi terus memberikan ruang bagi berkembangnya musik lokal daerah melalui ajang Anugerah Musik Banyuwangi (AMB). Event ini digelar untuk menjaring pencipta dan penyanyi lagu berbakat daerah serta melestarikan warisan budaya bahasa Using.

AMB terdiri dari Lomba Cipta Lagu Using dan Festival Gending Using (FGU) untuk dewasa dan anak. FGU merupakan ajang pencarian bakat bagi penyanyi baru Banyuwangi. Sementara lomba cipta lagu Using membuka dua kategori yakni cipta lagu anak dan cipta lagu tentang kebanggaan pada Banyuwangi.

iklan aston

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, “Di tengah gempuran perkembangan musik yang sangat pesat terutama di era media sosial saat ini, kami ingin musik berbahasa lokal yakni Bahasa Using, tetap bisa eksis bahkan bersaing dengan genre musik lainnya.”

“Juga digelar lomba cipta lagu anak berbahasa Using. Ini penting, agar anak-anak menyanyikan lagu sesuai dengan usianya. Sekarang sudah mulai jarang kita temui lagu untuk anak-anak, jadi kita ingin mengisi kekosongan ini,” tambah Bupati Ipuk.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Banyuwangi, Budi Santoso menerangkan bahwa Lomba Cipta Lagu Using dibuka untuk umum dengan dua kategori: tema lagu anak dan tema umum tentang Kebanggaan pada Banyuwangi. Penjaringan karya berlangsung pada 25-11 Mei 2024.

“Ada 28 judul karya lagu yang masuk di tema umum dan 9 judul karya lagu untuk tema anak yang masuk ke dewan juri. Masing-masing akan diambil satu karya lagu terbaik sebagai pemenang,” jelas Budi.

FGU terdiri atas kategori dewasa (usia 15-27 tahun) dan kategori anak (usia sekolah dasar). Audisi FGU dewasa berlangsung pada 29 Juni dan 6 Juli 2024, diikuti 100 peserta. Untuk FGU anak, audisi akan dilaksanakan pertengahan Juli dengan 50 peserta. Masing-masing kategori akan memilih juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1 dan 2.

Para pemenang semua kategori akan diumumkan pada Malam Puncak Anugerah Musik Banyuwangi, 31 Agustus 2024. “Di event itu, kami juga memberikan penghargaan kepada insan musik Banyuwangi yang telah berkiprah selama ini,” tutup Budi./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.