Kisah Mantan TKI Jadi Pionir Industri Susu Kambing Banyuwangi

by -1972 Views
Bupati Ipuk sedang memerah susu kambing
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Pernahkah Anda membayangkan beralih dari pekerja migran menjadi peternak sukses? Inilah kisah Jarot Setiawan, mantan TKI asal Banyuwangi yang kini mengelola peternakan kambing perah yang menghasilkan ratusan liter susu setiap hari.

Setelah menghabiskan enam tahun sebagai pekerja las di Taiwan, Jarot memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya. Awalnya, ia mencoba peruntungan sebagai petani jeruk. Namun, takdir membawanya ke arah yang berbeda.

iklan aston

Pada tahun 2016, Jarot memulai petualangan barunya: beternak kambing perah. Kini, di atas lahan bekas kebun jeruk di Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung, berdiri sebuah peternakan yang menampung sekitar 200 ekor kambing jenis Sapera.

“Satu kambing bisa menghasilkan 1 sampai 2 liter susu per hari,” ungkap Jarot. Dengan bangga ia menambahkan, “Total produksi harian kami mencapai 100-150 liter.”

Apa yang membuat susu kambing Jarot istimewa? Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, yang berkunjung ke peternakan tersebut, memberikan jawabannya: “Susunya enak, tidak bau prengus. Jadi selama ini kesan susu kambing itu bau, tidak benar. Bentuknya lebih kental dari susu sapi. Dan yang terpenting, harganya lebih mahal dari susu sapi.”

Tren konsumsi susu kambing yang semakin meningkat menjadi angin segar bagi usaha Jarot. Dengan harga jual Rp 16.000 per liter, ia berhasil memasok 700-1000 liter susu kambing beku setiap minggu ke pabrik-pabrik susu bubuk di Yogyakarta dan Semarang.

Kisah Jarot membuktikan bahwa sektor pertanian dan peternakan masih menyimpan potensi besar. Seperti yang dikatakan Bupati Ipuk, “Kisah sukses Mas Jarot dalam mengembangkan usaha susu kambing perah ini bisa menjadi inspirasi anak-anak muda Banyuwangi. Merintis usaha dari nol, hingga kini menjadi salah satu pemasok susu kambing.”

Jadi, siapa bilang pulang kampung berarti mundur? Jarot Setiawan telah membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, siapa pun bisa mengubah lembaran hidupnya menjadi kisah sukses yang menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.