Hadiri Pelantikan PPS untuk Pilkada 2024, Bupati Blitar Ajak Jaga Transparansi dan Integritas

by -361 Views
Bupati Blitar Rini Syarifah bersama jajaran Forkopimda setempat, KPU dan Bawaslu Blitar saat foto bersama dalam pelantikan PPS
Girl in a jacket

Blitar, seblang.com – Bupati Blitar, Rini Syarifah, menghadiri pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah 2024 se-Kabupaten Blitar, di Pendopo Sasana Adhi Praja, pada Minggu (26/05/2024).

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua KPU Kabupaten Blitar beserta jajaran, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar beserta jajaran, Anggota Forkopimda Kabupaten Blitar, camat se-Kabupaten Blitar, Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD terkait serta seluruh PPS yang akan dilantik.

iklan aston

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota PPS yang baru dilantik. Ia juga menuturkan pentingnya peran PPS dalam mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang jujur, adil, transparan, dan akuntabel.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Blitar, saya menyampaikan ucapan selamat bagi saudara-saudara yang baru saja dilantik sebagai Panitia Pemungutan Suara pada Pilkada tahun 2024. Semoga amanah dan profesional dalam menunaikan tugas,” ujar Rini Syarifah.

“Pemilu maupun pemilihan kepala daerah adalah pesta demokrasi yang harus kita laksanakan dengan jujur, adil, transparan, dan akuntabel. Untuk itu, membutuhkan penyelenggara pemilu yang profesional, independen, dan berintegritas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati Rini menjelaskan bahwa tugas PPS meliputi pengumuman daftar pemilih sementara, penerimaan masukan dari masyarakat tentang daftar pemilih sementara, dan pelaksanaan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kelurahan atau desa sesuai dengan ketetapan KPU pusat, KPU provinsi, dan KPU kabupaten/kota.

“PPS harus memiliki kompetensi, kapasitas, dan kemandirian yang tinggi. Harus mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Pengambilan sumpah PPS Pilkada 2024 oleh KPU Blitar

Terakhir, Bupati Blitar mengingatkan bahwa anggota PPS harus menjaga netralitas, integritas, dan kepercayaan publik. Dirinya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Blitar untuk memberikan dukungan dan doa agar Pilkada berjalan lancar.

“PPS juga harus mampu menjaga netralitas, integritas, dan kepercayaan publik, diharapkan anggota PPS dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi demokrasi di Indonesia dan bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam berpartisipasi dalam pemilu,” ungkapnya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Blitar untuk memberikan dukungan dan doa kepada anggota PPS dalam menjalankan tugas. Semoga Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai,” pungkas Bupati Rini Syarifah.

Diketahui, Bupati Rini Syarifah juga hadir pada acara pelantikan Panitia Pengawas Pemilu tingkat kecamatan se-Kabupaten Blitar yang digelar di hotel Puri Perdana Blitar pada Jumat 24 Mei kemarin. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.