863 Jamaah Calon Haji Situbondo Ikuti Latihan Manasik Sebelum Berangkat

by -2766 Views
Manasik jemaah calon haji di alun alun Sitobondo
Manasik jemaah calon haji di alun alun Situbondo
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Seremonial acara manasik haji dilakukan oleh Bupati Karna Suswandi dan Wakil Bupati Situbondo Nyi Khoirani bersama Kepala Kemenag Situbondo Fandi, di Pendopo Aryo Situbondo, Senin (20/5/2024).

Seluruh jamaah calon haji yang berjumlah 863 orang melaksanakan latihan manasik di Alun-alun jelang keberangkatan pada tanggal 24 Mei 2024 mendatang.

--

Tujuan manasik ini, kata Fandi kepala Kemenag kabupaten Situbondo saat dikonfirmasi oleh para awak media, agar jamaah haji tidak bingung saat melaksanakan ibadah haji nantinya.

Bupati Situbondo Karna Suswandi Saat Bersama Calon Jemaah Haji

“Manasik ini bertujuan untuk mempersiapkan jemaah haji untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar. Manasik haji memberikan pemahaman kepada jemaah haji tentang tata cara haji yang sesuai dengan syariat Islam, serta kesiapan fisik dan mental yang diperlukan dalam menghadapi perjalanan suci tersebut,” ungkap Fandi.

Selain itu dalam kegiatan manasik Pemerintah daerah, melalui Kemenag Situbondo berpesan kepada jamaah haji, agar mematuhi setiap aturan yang diberlakukan, baik selama berada di tanah air, maupun di tanah suci, dan dapat melaksanakan seluruh rangkaian haji dengan sempurna.

“Meskipun ada petugas haji dan pendamping, jamaah tetap diberikan pengetahuan atau pemahaman tentang apa saja peraturan yang harus ditaati saat melakukan ibadah haji di Makkah dan Madinah,” imbuh Fandi.

Terkait materi manasik, Fandi menjelaskan materi manasik haji tingkat kabupaten Situbondo yaitu, kebijakan pemerintah Indonesia tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan umrah. Kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Kemudian kebijakan pelayanan kesehatan haji. Alur pelayanan perjalanan ibadah haji. Pelayanan haji ramah lansia, dan praktik haji dan umrah.

“Materinya sudah diatur dan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi tentang penyelenggaraan haji dan umrah, termasuk rukun haji dan tata cara melaksanakan ibadah haji,” Pungkasnya.

Sekedar informasi, Jamaah Calon Haji Situbondo terbagi menjadi 3 kloter yakni kloter 53, 54 dan 55 dengan jumlah per kloter 366 jamaah ditambah 7 petugas haji sehingga total per kloter 371 orang.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.