Pelajar Desa Banyuwangi Bertemu Elon Musk, Diuji Matematika di Forum Air Dunia

by -2258 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, Seblang.com – Dari pedalaman Bumi Blambangan, lahir bintang muda matematika bernama Felicia Dahayu. Siswi kelas V SDN 1 Pesanggaran ini membuat nama harum Banyuwangi dengan menjawab tantangan matematika dari Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla Inc, dalam gelaran World Water Forum ke-10 di Bali, Minggu (19/10/2024).

Kesempatan emas itu diraih Felicia berkat program “Smart Gasing” yang digagas Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan Profesor Yohanes Surya. Program ini mengajarkan matematika dengan memadukan kecerdasan musikal, logika, dan kinestetik.

--

“Felicia dan Jose Nerotou dari Papua mendapat tantangan menghitung turunan volume bola. Jawaban mereka membuat Elon Musk kagum,” ungkap Bupati Ipuk Fiestiandani yang turut menyaksikan pertemuan istimewa itu.

Felicia memang bukan anak sembarangan. Tahun lalu, ia dinobatkan “Warga Inspiratif” Banyuwangi setelah menjuarai Olimpiade Matematika di Bitung. Kini, bocah dari Dusun Krajan, Siliragung, ini menjalani pelatihan khusus dari tim Profesor Surya untuk Olimpiade Matematika Asia 2024.

Perlu diketahui, ibunda Felicia adalah seorang guru TK di desanya. Meski terlahir di pelosok, Felicia membuktikan anak desa bisa mengukir prestasi gemilang dengan bimbingan tepat.

“Matematika jadi kunci meningkatkan logika dan analisis anak. Itulah visi Smart Gasing Banyuwangi sejak 2023 lalu,” terang Ipuk.

Pemkab memang menyasar siswa desa di Siliragung, Pesanggaran, Tegaldlimo, dan Bangorejo untuk digembleng dulu. “Mereka harus bisa berprestasi setinggi mungkin,” kata Ipuk.

Felicia kini menjadi inspirasi bagi anak-anak Banyuwangi untuk mencintai sains. Dari desa terpencil, lahir bintang muda yang membuat nama harum Indonesia di mata dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.