RSUD Srengat Blitar Sosialisasikan Layanan Kesehatan Mental

by -1323 Views
Girl in a jacket

Blitar, seblang.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Srengat Kabupaten Blitar mengadakan acara sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya layanan kesehatan mental.

Dengan mengundang para jurnalis yang bertugas di Blitar Raya, Rabu (03/04/2024), acara ini menjadi platform penting untuk menyampaikan informasi yang relevan tentang masalah kesehatan mental dan bagaimana cara mengatasi serta mencegahnya.

Menghadirkan Uswatun Fitroh, dari Klinik Layanan Psikologi untuk Sehat Jiwa RSUD Srengat sebagai narasumber, acara ini membahas berbagai masalah kesehatan mental yang mungkin sering dihadapi oleh masyarakat. Dari gangguan kecemasan hingga depresi.

Uswatun Fitroh menjelaskan dari tanda-tanda yang perlu diperhatikan, hingga kapan seseorang sebaiknya segera mencari bantuan kepada ahlinya.

Layanan konseling dan terapi yang disediakan oleh Klinik Psikologi RSUD Srengat Blitar bertujuan untuk membantu individu mengatasi masalah psikologis yang menghambat produktivitas sehari-hari mereka.

Masyarakat diharapkan memahami kapan sebaiknya segera menghubungi psikolog, ketika tanda-tanda ini muncul.

•Tidak menemukan alternatif solusi darı masalah yang dihadapi
•Emosi negatif yang berkepanjangan
•Hilangnya semangat hidup hingga mengganggu aktivitas
•Mengalami peristiwa traumatik
•Nafsu makan berkurang drastis.
•Sulit tidur dalam jangka waktu yang lama
•Mengalami gejala fisik yang tidak diketahui penyebabnya
•Muncul keinginan untuk bunuh diri

Diharapkan masyarakat untuk mengambil langkah pertama dalam merawat kesehatan jiwa mereka dengan mencari bantuan ketika diperlukan.

“Kami berharap sosialisasi ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya merawat kesehatan jiwa mereka.” katanya.

“Sehat jiwa itu ditandai dengan: perasaan sehat dan bahagia, mampu menghadapi tantangan hidup, dapat menerima orang lain sebagaimana adanya, mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain, mampu menyadari kemampuan yang dimiliki, mampu mengatasi tekanan dan masalah, bekerja secara produktif dan memberikan manfaat untuk lingkungan,” pungkasnya. (dip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.