Forpimda Banyuwangi Pastikan 100 Persen Siap Sambut Arus Mudik Lebaran

by -459 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Banyuwangi telah melaporkan kesiapannya untuk menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024. Laporan ini disampaikan kepada Menhub, Kapolri, dan Panglima TNI secara virtual melalui Zoom Meeting di Posko Terpadu Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, pada Kamis (4/4).

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, memastikan bahwa Banyuwangi siap secara penuh untuk menyambut arus mudik Lebaran. Dalam laporannya, Kapolresta Banyuwangi mengungkapkan bahwa terdapat 445 petugas yang disiagakan untuk mengamankan arus mudik, dengan pendirian 10 posko di sepanjang jalur mudik.

“Dengan kesungguhan kami, kami menyatakan bahwa kami siap 100 persen menyambut arus mudik,” ujar Kombes Pol Nanang.

Salah satu fokus rapat adalah penyeberangan di Pelabuhan ASDP Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk. Dalam rapat tersebut, Kapolresta memastikan bahwa telah dipersiapkan antisipasi terhadap kemacetan, mengacu pada pengalaman kemacetan hingga 13 km di Pelabuhan Ketapang pada Idul Adha sebelumnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan, rencananya akan diberlakukan rekayasa arus lalu lintas, dengan pengalihan arah menuju Pelabuhan ASDP Ketapang dari arah Situbondo, sementara kendaraan dari Banyuwangi akan dialirkan melalui jalur lingkar. Selain itu, disiapkan 4 titik buffer zone atau kantong parkir di beberapa lokasi strategis.

Permintaan pendirian Posko dan penyiagaan personel di masing-masing lokasi buffer zone akan ditindaklanjuti, dengan penyiagaan tiga atau empat personel yang standby selama 24 jam.

Dalam rapat, diprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan ASDP Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk akan terjadi pada H-3 lebaran. Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah, mengimbau masyarakat untuk mudik lebih dini, demi keamanan dan kenyamanan.

“Saya mengimbau agar menghindari mudik di H-3 lebaran untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas,” kata Sugirah.

Sugirah juga menekankan pentingnya bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya para pemudik, dengan menekankan penindakan secara persuasif. Ia juga mengapresiasi kesiapan matang Polri dan TNI dalam pengamanan lebaran, semoga Banyuwangi tetap aman dan nyaman.

Dalam rapat virtual tersebut, turut hadir Perwakilan Kodim 0825 dan Lanal Banyuwangi, ASDP Ketapang, dan sejumlah pejabat SKPD Banyuwangi yang terlibat dalam pengamanan arus mudik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.