Banyuwangi Siagakan Ribuan Nakes di Pos Kesehatan dan Tempat Wisata Selama Arus Mudik

by -159 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menyiapkan 1.071 tenaga kesehatan (nakes) untuk memberikan layanan kesehatan selama libur Lebaran.

Ribuan nakes tersebut akan bertugas di pos-pos pelayanan kesehatan (posyankes) yang dibuka di sepanjang jalur mudik dan di tempat-tempat pariwisata. Sebagian juga akan bersiaga di beberapa puskesmas dan rumah sakit yang buka selama 24 jam.

“Tujuan kami adalah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pemudik maupun wisatawan selama libur lebaran. Namun, kami juga mengimbau agar para pemudik tetap memperhatikan kesehatan mereka. Mohon berhati-hati saat berkendara dan jika merasa lelah, segera beristirahat,” ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, pada Rabu (3/4/2024).

Bupati Ipuk menjelaskan bahwa total ada 10 posyankes, 45 puskesmas, 13 rumah sakit, dan 62 klinik yang disiapkan selama libur lebaran di Banyuwangi. Layanan tersebut akan tersedia setiap hari mulai dari tanggal 4 hingga 16 April.

Amir Hidayat, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, menambahkan bahwa dari 10 pos kesehatan yang disediakan, sebanyak 8 pos akan bergabung dengan Pos Pengamanan Mudik (pospam) kepolisian.

Lokasinya tersebar di sepanjang jalan arteri mulai dari Wongsorejo, Ketapang, Kota Banyuwangi, hingga Kalibaru, dengan layanan 24 jam.

“Semua layanan kesehatan ini dilengkapi dengan tenaga dokter, paramedis, dan ambulans yang tersedia selama 24 jam. Tenaga medisnya berasal dari dokter dan perawat dari berbagai rumah sakit dan klinik di Banyuwangi, dengan jadwal shift untuk menjaga kesiapan selama 24 jam. Tidak ada biaya yang dibebankan untuk layanan di Pos Kesehatan ini,” tambah Amir.

Pos kesehatan ini disiapkan untuk menangani kegawatdaruratan dan pelayanan kesehatan sederhana seperti mabuk perjalanan dan diare, serta stabilisasi pasien sebelum dirujuk ke rumah sakit.

“Selain itu, ada 2 pos pelayanan kesehatan lainnya yang disiapkan di tempat-tempat pemberhentian moda transportasi, yaitu Stasiun Ketapang dan Bandara Banyuwangi. Mereka akan buka mulai pukul 08.00-16.00. Dan untuk tahun ini, posyan di destinasi Grand Watudodol ditiadakan karena dekat dengan posyan Ketapang,” jelas Amir.

Pemkab juga menyiapkan 28 puskesmas untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat selama libur lebaran, termasuk 18 puskesmas rawat inap yang buka selama 24 jam, dan 10 puskesmas rawat jalan siaga yang buka pukul 08.00-13.00.

“Setiap kecamatan memiliki satu puskesmas yang melayani, sehingga jika terjadi kejadian, dapat ditangani terlebih dahulu di puskesmas untuk menghindari penumpukan di Unit Gawat Darurat rumah sakit,” kata Amir. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.