Tajin Palappa Makanan Khas Situbondo Menjadi Menu Favorit untuk Berbuka Puasa

by -1057 Views
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Tajin Palappa (Bubur Bumbu Kacang) menjadi makanan khas Situbondo dimana tajin Palappa ini memiliki cita rasa yang cukup khas bagi lidah para penggemarnya.

Tajin Palappa menjadi salah satu makanan favorit bagi warga Situbondo dan biasanya disantap saat sarapan pagi. Karena masa bulan Ramadan Tajin palappa berubah menjadi menu untuk berbuka puasa.

Tentu resep bubur atau orang Situbondo bilang tajin ini, setiap daerah pasti berbeda dan memiliki keunikan tersendiri tergantung selera daerah masing-masing.

Namun jangan salah, Tajin Palappa khas Situbondo ini memiliki cita rasa yang cukup berbeda dengan daerah kabupaten lainnya.

Seperti Nur Hasanah Warga Jalan Sucipto Kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo menjual tajin Palappa sudah turun menurun dari nenek moyangnya.

“Awal saya jual mulai masih belum punya suami, dulu sering bantu nenek saya jualan dan resep untuk tajin Palappa ini saya belajar dari nenek,” ujarnya.

Lebih lanjut Nur Hasanah mengatakan, setiap tahun selama bulan Ramadan dirinya berjualan tajin Palappa.

“Dari sore sampai Isak saya jual tajin Palappa habis sekitar 30 porsi dan perporsi saya jual 5 ribu rupiah saja,” ujarnya.

Sementara itu Dewi Masito warga setempat salah satu Penggemar Tajin Palappa mengaku dirinya sangat suka karena memiliki rasa yang sangat berbeda.

“Setiap berbuka puasa pasti saya mencari Tajin Palappa, selain rasa enak dan sangat murah, dan untuk minumnya cukup Es campur,” singkatnya.

Selera peminat Tajin Palappa atau Bubur bumbu ini cukup beragam ada yang suka pedas dan ada pula yang tidak suka pedas.

“Tajin Palappa khas Situbondo yaitu, bubur bumbu kacang, dimana bubur ini dicampur dengan bumbu kacang dan di tambah kue Hongkong yang terbuat dari tepung dan kecambah, selamat mencoba makanan khas Situbondo yaitu Tajin Palappa yang bikin kita ngiler,” ucap Dewi Masito yang akrab dipanggil encik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.