Umat Lintas Beragama Bahu-membahu Sukseskan Misa Paskah di Banyuwangi

by -191 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Keindahan hangatnya toleransi dan harmonisasi keberagaman tersaji pada umat lintas agama turut memberi sumbangsih dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan perayaan misa Paskah bagi umat Nasrani di Banyuwangi.

Seperti terlihat dalam pelaksanaan misa Paskah Gereja Maria Ratu Para Rasul di Dusun Curahjati, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, pada Sabtu (30/3/2024).

Sejumlah umat lintas agama yang tergabung dalam Satgas Bhineka Tunggal Ika dengan tulus bahu-membahu demi khidmatnya pelaksanaan misa Paskah di gereja tersebut.

Satgas Bhineka Tunggal Ika merupakan gabungan umat 6 agama di Desa Grajagan. Mereka ini secara bergiliran melakukan pengamanan setiap kali ada acara keagamaan di desa itu.

Di Gereja Maria Ratu Para Rasul, Satgas ini bergabung dan membantu aparat kepolisian untuk berjaga dan memberikan rasa aman dan nyaman untuk setiap jemaat yang melakukan misa Paskah.

Ketua Panitia Misa Paskah Gereja Maria Ratu Para Rasul, Marianus Setyono bersyukur Misa Paskah dapat berjalan aman lancar dan khidmat.

Ia berharap setelah paskah, banyak pelajaran yang didapat jemaat dari fase kesengsaraan Yesus dan menjadi keberkahan di kemudian hari.

“Harapan kami setelah paskah semoga menjadi berkah dan rahmat paskah menyertai semua umat katolik,”ujar pria yang akrab disapa Nano.

Tidak lupa dia menyampaikan terimakasihnya kepada Satgas Bhineka Tunggal Ika karena telah membantu pengamanan. Sehingga proses paskah dapat berlangsung aman lancar dan khidmat.

“Ini juga sinyal yang coba ingin kami sampaikan tentang kerukunan dan keberagaman di Curahjati. Kami dapat hidup rukun bersanding dan saling membantu setiap kali ada acara keagamaan,” terangnya.

Anggota Satgas Bhineka Tunggal Ika merupakan gabungan umat 6 agama yang tumbuh dan berkembang di Desa Grajagan yaitu; Hindu, Budha, Islam, Kristen, Katolik dan Konghucu, tambah Sumino

Satgas ini dibentuk dengan tujuan untuk menjadi forum komunikasi kerukunan antar umat beragama. Sekaligus melakukan pengamanan setiap kali ada acara keagamaan di desa itu.

“Jadi satgas ini rutin melakukan pengamanan setiap kali dibutuhkan pada acara keagamaan di Desa Grajagan,” kata dia.

Pihaknya merasa bersyukur pada misa Paskah malam tadi Satgas dilibatkan untuk pengamanan. Ia juga bersyukur misa Paskah dapat berlangsung aman lancar dan khidmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.