Bupati Rini Syarifah Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Plumbangan Blitar

by -4157 Views
Wartawan: M Adip Raharjo
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Blitar, seblang.com – Bupati Blitar Rini Syarifah, menghadiri perayaan Dharma Santi bagi umat Hindu di Kabupaten Blitar tahun 2024. Acara ini dipusatkan di wisata edukasi Jatipagak, Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Minggu (31/03/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rini menyampaikan ucapan Selamat Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1946 kepada seluruh umat Hindu di Kabupaten Blitar. Ia juga mengapresiasi umat Hindu yang menjalankan rangkaian Hari Suci Nyepi dengan tertib dan khidmat.

iklan aston

“Nilai-nilai Nyepi, seperti mengendalikan hawa nafsu, introspeksi diri, menghindari keramaian, dan mencari kedamaian, menjadi fokus agar lebih dekat dengan Sang Pencipta,” ucapnya.

Menurut Bupati, perayaan Dharma Santi tahun ini juga berbarengan dengan puasa Ramadhan. Hal ini menggambarkan keagungan Tuhan dalam menciptakan keberagaman umat, sehingga penting untuk terus saling toleransi dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

“Dharma Santi tahun ini jadikan sebagai momentum dalam menjaga keberagaman dan kerukunan agar Kabupaten Blitar tetap kondusif, mari sama-sama berdoa, semoga Kabupaten Blitar jauh dari musibah dan masyarakatnya sejahtera.” Ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) kabupaten Blitar, Lestari, menjelaskan, selain Dharma Santi, rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi, diantaranya upacara Melasti di Pantai Jolosutro Kecamatan Wates beberapa waktu lalu, yang diikuti oleh sekitar 12 ribu umat Hindu yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota Blitar. Juga pawai Ogoh Ogoh di RTH Wlingi yang diikuti oleh 61 peserta.

Selanjutnya, juga diadakan penyerahan hadiah kepada Pemenang Pawai Ogoh-ogoh pada kegiatan Tawur Kesanga yang dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2024 lalu di RTH Wlingi.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Forkompimda, Staf Ahli, Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat dan Anggota Forkopimcam Doko, Kepala Desa, Perangkat, dan Pengurus Lembaga Desa Plumbangan. (adv/kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.