Kapolda Jatim Dampingi KSAL Serahkan Bansos Korban Gempa Bawean

by -1337 Views
Girl in a jacket

Gresik, seblang.com – Masyarakat Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, masih merasakan dampak gempa bumi di Tuban beberapa waktu lalu. Bahkan, gempa susulan pada Sabtu (30/3) sekira pukul 12.01 WIB, dengan Magnitudo 3,3 dan kedalaman 10 KM, menambah jumlah pengungsi.

Menurut BMKG, sejak gempa pertama pada 22 Maret 2024 hingga kemarin Jumat (29/3), sudah terjadi 366 gempa tektonik yang terasa hingga di Pulau Bawean.

iklan aston

Menyikapi hal ini, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, didampingi Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs Imam Sugianto, M.Si, dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay, menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk para pengungsi di Pulau Bawean, Gresik, Sabtu (30/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Gubernur Jatim, Adhy Karyono, Pangkoarmada RI, Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Ariyanto Condrowibowo, Danpuspenerbal, Laksamana Muda TNI Sisyani Jaffar, dan Danlantamal V, Brigjen TNI Joni Sulistyawan.

Dalam sambutannya, Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan belasungkawa atas musibah gempa yang melanda Pulau Bawean.

“Gempa dengan Magnitudo 6.5 SR di Pulau Bawean menjadi alarm bagi kita untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana,” ujar Laksamana TNI Muhammad Ali.

Ali menekankan perlunya mitigasi bencana yang tepat, mengingat bencana gempa bumi tidak bisa dihindari.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto, menambahkan bahwa Polda Jatim melalui Polres Gresik telah bersinergi dengan Kodim 0817 Gresik, pemerintah daerah, dan stakeholder terkait penanganan korban dampak gempa.

“Koordinasi terus dilakukan dalam penanganan korban dan penyaluran bantuan, yang merupakan amanah yang harus didistribusikan kepada warga terdampak gempa di Pulau Bawean,” kata Irjen Imam.

Kapolda Jatim juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat, dengan hadirnya Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, S.E., Kapolres Gresik, AKBP Adhitya Panji Anom, S.I.K., Wakapolres Gresik, Kompol Danu Anindhito Kuncoro Putro, S.I.K., M.H., dan Kapolsek Tambak, AKP Saifudin.

Selain itu, dilakukan juga peninjauan daerah terdampak bencana di Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, di wilayah Pulau Bawean.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.