Bupati Ipuk Fiestiandani Buka Bersama Pedagang Pasar Genteng Banyuwangi

by -134 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Ratusan pedagang Pasar Genteng menyambut bulan suci Ramadan dengan berbuka bersama Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, pada Selasa (26/3/2024). Berbeda dari biasanya yang menggelar acara di masjid atau balai pertemuan, Bupati Ipuk memilih berbuka puasa bersama para pejuang ekonomi di tengah Pasar Genteng.

Ipuk menyatakan bahwa keputusannya ini sebagai wujud penghargaan kepada para pedagang pasar yang telah menjadi tulang punggung dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah. “Pasar adalah pusat kehidupan ekonomi kita. Mereka adalah pahlawan sejati yang berjuang untuk menjaga stabilitas ekonomi daerah,” ujarnya.

Meskipun menghadapi tantangan ekonomi yang berat akibat pandemi beberapa tahun lalu, Banyuwangi berhasil bangkit. Pertumbuhan ekonomi yang mencatatkan angka minus 3,58 persen pada tahun 2020, berhasil melonjak tajam menjadi 5,03 persen pada tahun 2023. “Ini semua berkat perjuangan dan ketekunan para pedagang,” tambah Ipuk.

Selain itu, Ipuk juga mengajak para pedagang untuk terus menjaga kebersihan di pasar dan terus mengembangkan kemampuan serta beradaptasi dengan perkembangan teknologi. “Kami siap mendampingi agar pasar tetap ramai pengunjung,” katanya.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Ipuk saat berbuka puasa bersama masyarakat Kecamatan Srono di Desa Rejoagung pada Senin (25/3/2024). Di sana, ia mengajak para pedagang untuk terus meningkatkan kemampuan mereka. “Kami menyediakan berbagai program pelatihan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan para pedagang,” ungkapnya.

Dalam rangkaian Safari Ramadan tersebut, Ipuk juga menggelar salat tarawih berjamaah dengan masyarakat Kecamatan Sempu di Masjid Baitul Izzah, Desa Karangsari. Acara tersebut turut dihadiri oleh tokoh masyarakat, perwakilan ormas keislaman, dan warga sekitar.

Selain menyapa warga, dalam rangkaian safari tersebut juga disediakan pelayanan publik, seperti cek kesehatan gratis yang meliputi tensi darah, kolesterol, gula darah, hingga asam urat. Tidak hanya itu, juga ada layanan administrasi kependudukan mulai dari KTP Digital, e-KTP, Kartu Keluarga, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.