Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu 2024 Lampaui Target

by -2786 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Partisipasi masyarakat Banyuwangi dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 melebihi target yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi.

Sebelumnya, KPU Banyuwangi memasang target tingkat partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi lima tahunan bisa mencapai angka 80 persen dari jumlah daftar pemilih tetap di Kabupaten Banyuwangi sebanyak 1,3 juta jiwa.

Meskipun target 80 persen belum tercapai, KPU Banyuwangi bersyukur karena partisipasi masyarakat dinilai tinggi dan melebihi target minimal yang ditetapkan sebesar 75 persen.

“Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai 76 persen, sudah melampaui target,” ujar Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini Rahman.

Dwi menuturkan, ada beberapa faktor yang menjadi pendorong tingginya angka dukungan dan partisipasi pemilih dalam Pemilu di Banyuwangi.

“Pertama, Pilpres menjadi magnet tersendiri dalam gelaran pesta demokrasi tahun ini. Kedua, ada kerja-kerja sosialisasi dan edukasi KPU yang dilakukan secara masif mulai dari tingkat kelurahan/desa, kecamatan, hingga kabupaten,” imbuhnya.

Dwi menambahkan, KPU Banyuwangi juga bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, organisasi masyarakat dan media massa, untuk meningkatkan partisipasi pemilih.”Alhamdulillah, kerja keras semua pihak membuahkan hasil,” tambahnya.

Lebih lanjut dia berharap dukungan dan partisipasi masyarakat juga tinggi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang rencananya digelar pada November 2024 mendatang.

“Tapi untuk Pilkada, kita masih belum melakukan tahapan, masih fokus pada Pemilu. April sudah mulai pembentukan badan Ad Hoc,” sambungnya.

Sejauh ini, tambah Dwi, pihaknya telah menetapkan Keputusan KPU Banyuwangi

Nomor 1005 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024. “Penetapan keputusan tentang hasil pemilu ini sudah bisa dilihat di website kami,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.