Bertemu Bupati Ipuk, Profesor Bedah Saraf dari Belanda Berbagi Pengetahuan dengan Dokter-dokter di Banyuwangi

by -472 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga Banyuwangi mengundang Profesor Bedah Saraf dari Universitas Groningen, Belanda, Prof. Rob J.M. Groen, MD, PhD, untuk berbagi pengalaman dengan dokter-dokter di Banyuwangi.

Pada kesempatan yang berlangsung di Banyuwangi, Profesor Groen, yang juga menjabat sebagai Guru Besar Luar Negeri (Adjunct Professor Department of Neurosurgery) di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, bertemu dengan Bupati Ipuk Fiestiandani.

iklan aston

Bupati Ipuk menyatakan bahwa sharing dengan Prof. Groen tentunya memberikan manfaat besar terutama dalam memperkuat bidang kesehatan, khususnya dalam hal bedah saraf.

“Kami juga membahas langkah-langkah yang sekiranya dapat diambil oleh pemerintah kabupaten (meningkatkan bidang kesehatan),” kata Bupati Ipuk, Sabtu (24/2/2024).

Ipuk sendiri bertemu dengan Profesor Groen di Lounge Pemkab pada hari Kamis (22/2/2024) yang didampingi oleh Wakil Dekan FIKKIA Universitas Airlangga Banyuwangi, Rahadian.

Kedatangan Profesor Groen merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat (penmas) FIKKIA Universitas Airlangga Banyuwangi. Salah satu agenda utamanya adalah sesi berbagi pengalaman dengan dokter-dokter di Banyuwangi terkait aspek medis dalam bedah saraf.

“Kami mendapat masukan agar berinvestasi dengan menambah dokter ahli bedah saraf dan alat operative microscope, mengingat jumlah penduduk Banyuwangi yang cukup banyak dan luasnya wilayah,” jelas Ipuk.

Profesor Groen berbagi pandangannya setelah berdiskusi dengan dokter-dokter lokal. Menurutnya, perlunya peningkatan tenaga medis dan peralatan bedah saraf mengingat jumlah pasien di Banyuwangi yang memerlukan tindakan bedah semacam itu.

“Setelah sharing dengan teman-teman dokter, rupanya cukup banyak pasien mendapat tindakan medis bedah saraf. Seperti pasien-pasien dengan penyakit tumor. Dan menurut saya perlu ditambahi tenaga medis dan peralatannya,” kata Prof. Groen.

Dia juga mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengenalan gejala awal penyakit saraf dan pentingnya pemeriksaan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.