Pengamat: 40℅ Pendatang Baru Bakal Tumbangkan Caleg Incumbent di Situbondo

by -3384 Views
Zainulllah Ketua Jaringan Demokrasi Indonesia Kabupaten Situbondo
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Diprediksikan oleh beberapa pengamat politik untuk Pemilu 2024 calon legislatif DPRD Situbondo akan banyak pendatang baru hingga mencapai kurang lebih 40% dari total keseluruhan 45 Kursi.

Jelang usai pemilihan umum (Pemilu) perolehan suara calon Legislatif DPRD Situbondo terus berproses dalam penghitungan suara di KPU Kabupaten Situbondo. Artinya, masih belum final.

iklan aston

Namun dari beberapa informasi yang tertampung oleh seblang.com, untuk perebutan kursi parlemen tingkat Kabupaten Situbondo di seluruh dapil akan banyak pendatang baru yang akan duduk di kursi parlemen DPRD Kabupaten Situbondo hingga mencapai kurang lebih 40% dari 45 Kursi.

Informasi sementara untuk perolehan suara yang masuk berbekal form model C hasil dari masing masing desa atau kelurahan dan baik dari masing masing saksi yang disetorkan kepada partai dan versi masyarakat pada umumnya, serta para pengamat politik untuk perolehan suara nantinya bagi pendatang baru akan sangat signifikan, dan bisa merebut banyak kursi hingga mencapai 40%.

Zainulllah pengamat politik sekaligus ketua jaringan demokrasi Indonesia (JADI) mengatakan, hasil dari penghitungan pemilu sementara dalam pantauannya akan memprediksikan dari 45 kursi akan banyak pendatang baru. Namun hal ini dirinya menyampaikan lebih baik menunggu hasil resmi dari KPU Situbondo.

“Saya mengamati dari hasil perolehan suara calon legislatif DPRD Kabupaten Situbondo nampaknya akan ada pergeseran meskipun dari partai besar seperti PKB dan PPP tetap bertahan akan tetapi secara umum akan banyak pergeseran dan akan banyak pendatang baru yang menggeser calon dari Incumbent dan itu terjadi di semua Dapil, mulai dapil 1 sampai dapil 7,” ujarnya. Sabtu, (17/02/2024).

Lebih lanjut Zainullah yang akrab dipanggil Inung juga memprediksikan untuk partai yang sebelumnya belum mendapatkan kursi di pemilu kali ini terpantau bergerak dan diyakini juga akan mendapatkan kursi.

“Seperti contohnya partai Nasdem diyakini akan mendapat 3 kursi yang sebelumnya tidak dapat kursi sama sekali, itu bisa saja efek dari Pilpres yang mengusung Capres AMIN, dan kali ini diperkirakan akan mengisi kursi sekitar 3 kursi,” ucapnya.

Lebih jauh Inung mengatakan, untuk pendatang baru yang nantinya akan dilantik sebagai Calon Legislatif terpilih akan mewarnai suasana politik di pemerintah Kabupaten Situbondo. “Berharap bisa mewakili aspirasi masyarakat di masing-masing dapil, di 7 Dapil Kabupaten Situbondo,” harapnya.

Sementara itu untuk informasi resmi perolehan penghitungan suara masih terus menunggu dari KPU Kabupaten Situbondo. ///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.