KPU Banyuwangi Sosialisasi Pemilu 2024 di Lapas

by -405 Views
Wartawan: Hari Purnomo
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi telah menggelar sosialisasi tentang proses pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Sahardjo Lapas Banyuwangi pada tanggal 6 Februari.

Acara sosialisasi dihadiri oleh puluhan perwakilan Warga Binaan dan juga dihadiri oleh perwakilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi.

iklan aston

Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono, menyebutkan bahwa pihak Lapas meminta secara khusus kepada KPU untuk memberikan sosialisasi kepada Warga Binaan. Tujuannya adalah untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu dan mencegah penyebaran disinformasi yang dapat mempengaruhi sahnya suara.

“Sosialisasi ini bertujuan memberikan gambaran tentang pelaksanaan Pemilu dan memberikan pemahaman tentang tata cara pencoblosan kepada Warga Binaan,” kata Agus.

Menurutnya, Warga Binaan memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam Pemilu, sehingga perlu diberikan pemahaman teknis mengenai proses tersebut.

“Kami tentu berharap agar setiap Warga Binaan dapat memahami dengan baik tentang tata cara penyaluran suara, serta dapat menjalankan hak nya dengan baik,” imbuhnya.

Agus juga mengungkapkan bahwa akan ada 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Lapas Banyuwangi untuk mengakomodir lebih dari 900 Warga Binaan yang terdaftar sebagai pemilih.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pemungutan dan penghitungan suara, Agus menyatakan bahwa akan ada peningkatan pengawasan oleh petugas Lapas.

“Akan kami maksimalkan petugas kami untuk turut mengawasi dan mengamankan pelaksanaan Pemilu,” ungkapnya.

Eko Sumanto dari Divisi Data dan Informasi KPU Banyuwangi yang memberikan sosialisasi kepada Warga Binaan berharap agar informasi tersebut dapat disampaikan dengan baik kepada seluruh Warga Binaan.

“Harapan kami, pelaksanaan Pemilu 2024 di 4 TPU khusus yang ada di Lapas Banyuwangi ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib sebagaimana mestinya,” ujar Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.