Masyarakat Olehsari Banyuwangi Antusias Ikuti Penyuluhan PTSL

by -190 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Ratusan warga masyarakat desa Olehsari kecamatan Glagah Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) antusias dalam mengikuti progam penyuluhan dalam rangka Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PSTL) Pengukuran Desa dengan Pemotretan Drone di Balai Desa setempat pada Selasa (30/1/2024).

Menurut Kepala seksi (Kasi) Pengadaan Tanah dan Pengembangan, Kantor Kementrian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Banyuwangi, Dwi Joko Siswanto, tahun ini pihaknya menggelar kegiatan penyuluhan tentang pengukuran mulai dari tatacara, siapa dan bagaimana sistem pengukuran.

iklan aston

“Harapan kami melihat antusiasme masyarakat, nanti setelah pengukuran bisa berjalan dan ditingkatkan ke sertifikat,” ujar Dwi Joko.

Untuk tahun ini , lanjut dia alokasi dana diberikan pemerintah kepada kantor ATR/BPN untuk tahapan pengukuran desa dengan menggunakan drone yang dengan ketinggian tertentu akan melakukan pemotretan.

Dwi Joko Siswanto menuturkan rata-rata kendala umumnya di lapangan terkait tanah, data yang dimiliki masyarakat kadang-kadang tidak jelas dan ogah-ogahan mengeluarkan data yang lengkap.

”Apabila terjadi permasalahan mereka baru mengeluarkan data semua. Untuk kegiatan sertifikasi ini semua data yang dimiliki mulai jual beli dan akte itu supaya dikeluarkan semua,” imbuh Dwi Joko.

Dengan kepastian pengukuran yang dilakukan ke depan data administrasi kepemilikan tanah lebih lengkap sehingga permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

Sementara Kepala Desa (Kades) Joko Mukhlis mengungkapkan doa dan harapan warganya tahun ini dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dengan diberikan kesempatan dari BPN untuk melaksanakan penyuluhan dalam rangka Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PSTL).

“Ini awal karena untuk PTSL anggarannya kurang lebih Rp 150 ribu per sertifikat. Adapun kegiatan yang dilaksanakan saat ini hanya pengukuran yang berhubungan dengan tahapan sertifikasi tanah yang ada di wilayah Olehsari,” ujar Joko.

Pemerintah desa Olehsari berharap semoga kegiatan yang dilaksanakan tidak ada permasalahan dan semua pihak saling bergotong royong untuk melaksanakan program PTSL tahun 2024 yang diamanatkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten Banyuwangi./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.