4 Desember Hari Noken Sedunia, Kebanggaan Kekayaan Budaya Papua

by -408 Views
seorang bocah sedang menggendong nokennya
Girl in a jacket

Timika, seblang.com – Pada tanggal 4 Desember Indonesia boleh berbangga khususnya Papua. Pada tanggal itu diperingati sebagai Hari Noken Sedunia. Tanggal tersebut ditetapkannya Noken Papua sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO, bahkan Noken tercatat dalam daftar warisan budaya sejak 2012 silam.

Noken adalah tas tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari anyaman kulit pohon, biasanya digunakan untuk membawa dan menyimpan berbagai barang, bahkan terkadang untuk menggendong bayi.

iklan aston

Dengan diperingati hari Noken Sedunia bertujuan sebagai upaya meningkatkan kesadaran tentang Noken. Melansir halaman resmi UNESCO, Noken Papua tercatat dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda yang membutuhkan perlindungan mendesak atau List of Intangible Cultural Heritage in Need of Urgent Safeguarding, sejak 2012.

Penulis di Papua

“Perlu diketahui bahwa Indonesia telah menominasikan Noken multifungsi kusut atau tas anyaman, kerajinan tangan masyarakat Papua. Untuk dimasukkan dalam Daftar Cagar Budaya Tak Benda yang membutuhkan pengamanan mendesak,” demikian keterangan UNESCO.

Aneka motif noken

Uniknya cara masyarakat setempat sejak dulu menggunakan tas Noken dikaitkan di kepala, walaupun sekarang makin beragam, banyak anak muda yang membawanya di bahu dengan dislempangkan menyilang di dada seperti tas pada umumnya.////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.