Wana Wisata Sumber Manis, Bumi Perkemahan di Gombengsari Banyuwangi Kombinasi Petualangan dan Edukasi Kopi hingga Perah Susu Kambing

by -483 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Wana Wisata dan Bumi Perkemahan Sumber Manis di Lingkungan Suko, Kelurahan Gombengsari, Kalipuro, Banyuwangi, tak hanya menawarkan sensasi berwisata bak di tengah hutan dengan ratusan pohon mahoni raksasanya, tetapi juga menjelma sebagai destinasi wisata edukasi menarik.

Terletak di kaki gunung Ijen, wilayah ini mempesona dengan hamparan luas kebun kopi. Masyarakatnya yang mayoritas berprofesi sebagai petani kebun kopi, mereka juga sebagai peternak kambing etawa dengan menghasilkan susu kambing berkualitas.

iklan aston

Ketua Pokdarwis Gombengsari, Abdurrahman memanfaatkan potensi ini dengan menghadirkan pengalaman menarik bagi wisatawan. Paket wisata edukasi metik kopi hingga merasakan sensasi memerah susu kambing menjadi daya tarik bagi mereka yang haus akan ilmu.

“Di sini, wisatawan kita ajak menjelajahi kebun kopi. Jika musim panen, wisatawan  bisa merasakan serunya memetik kopi. Kami juga mengajari cara pengolahan kopi secara tradisional hingga siap saji,” kata Abdurrahman kepada seblang.com saat menerima rombongan TK Al-Irsyad Banyuwangi berwisata edukasi di Wana Wisata dan Bumi Perkemahan Sumber Manis, Rabu (29/11/2023).

Kemudian, wisatawan juga dapat merasakan sensasi memerah susu Kambing Etawa. Menurutnya, Kambing etawa dipelihara hampir oleh seluruh warga, susunya untuk diperah dan dijual, sedangkan kotoran kambing dimanfaatkan warga sebagai pupuk untuk tanaman kopi.

“Memerah susu kambing menjadi yang favorit. Wisatawan terutama anak-anak sangat menyukainya karena menjadi sebuah memori edukasi yang berharga untuk bisa diceritakan,” ujarnya.

Tak hanya itu, masyarakat memanfaatkan hamparan luas kebun kopi untuk budidaya lebah madu tradisional dari bunga kopi. “Wisatawan bisa menikmati hasil madu saat musim kopi berbunga,” ujarnya.

“Kami juga mengajak wisatawan menanam pohon sebagai upaya menjaga kelestarian alam,” pungkasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.