Ini Cara Bappeda Banyuwangi Menyikapi Penurunan Kapasitas Fiskal

by -603 Views
Suasana lingkungan kantor Bappeda kabupaten Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dalam menyikapi penurunan kapasitas fiskal 2024 dari sisi perencanaan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Banyuwangi menerapkan strategi dengan melakukan efisiensi pada semua sektor yang ada sehingga anggaran yang tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan 2024.

Menurut Kepala Bappeda Banyuwangi Suyanto Waspo Tondo Wicaksono yang akrab disapa Yayan, selain melakukan efisiensi, langkah lain yang dilakukan adalah melaksanakan program refocusing pada beberapa perencanaan yang disusun sebelumnya untuk melakukan penyesuaian.

iklan aston

“Sambil menunggu Perubahan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) pusat terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) dan insentif fiskal,” jelas Yayan di ruang kerjanya pada Selasa (28/11/2023).

Dia menuturkan pada 2023 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banyuwangi nilainya Rp. 3,3 triliun, minus DAK masih ada dana Rp. 2,7 triliun. Tahun 2024 minus DAK nilainya Rp. 2,5 triliun ada penurunan yang cukup signifikan.

“Saran kita kepada teman-teman internal pendapatan asli daerah (PAD) menjadi sangat penting karena akan mendongkrak belanja juga. Untuk itu intensifikasi pajak menjadi fokus pada 2024 untuk menambah kapasitas fiskal kita,” tambah Yayan.

Secara otomatis pemerintah membutuhkan dukungan dan peran aktif masyarakat serta dihimbau apabila pajak yang belum terbayarkan, pembayaran pajak yang masih ketlisut untuk dilihat kembali karena merupakan kewajiban warga masyarakat untuk membangun Banyuwangi, imbuh Yayan.

Sekedar informasi kapasitas fiskal daerah adalah kemampuan keuangan masing-masing daerah yang dicerminkan melalui pendapatan daerah dan penerimaan pembiayaan daerah tertentu dikurangi dengan pendapatan yang penggunaannya sudah ditentukan, belanja tertentu, dan pengeluaran pembiayaan daerah tertentu.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.