Kandang Ludes Terbakar di Situbondo, Seekor Sapi Mati Terpanggang

by -395 Views
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Nasib sial menimpa Nidin pria 55 tahun warga Dusun Randu, RT. 04, RW. 01, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Situbondo. Kandang beserta satu ekor sapi miliknya hangus terbakar, Minggu (26/11/2023).

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

iklan aston

“Kejadian bermula saat Pak Nidin membakar sisa-sisa jerami yang kering. Ketika api sudah mengecil lalu ditinggal pergi untuk mencari rumput di sawah yang ada di sekitar rumahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Puriyono menyampaikan, karena saat itu angin kencang, percikan api mengenai kandang sapi hingga menimbulkan kebakaran. “Ada dua sapi di kandang. Satu ekor sapi mati terbakar. Satu lainnya langsung lari usai tali yang mengikat sapi itu dilepas oleh warga,” bebernya.

Menurut Puriyono, kebakaran itu diketahui pertama kali oleh tetangga korban, Nito (49). “Saat itu saksi keluar dari rumahnya, dia terkejut melihat kandang sapi milik Pak Nidin terbakar. Sontak saksi langsung berteriak minta tolong ke warga sekitar,” ujarnya.

Warga yang mendengar ada kebakaran langsung berdatangan ke lokasi. Mereka langsung bergotong-royong melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

“Sekitar pukul 16.46 WIB, proses pemadaman dan pembasahan selesai dilakukan,” tambah Puriyono.

Sementara itu Supandi Kepala Desa Sumberkolak membenarkan peristiwa kebakaran ini terjadi. Ia pun turut prihatin atas peristiwa kejadian tersebut.

“Benar, ada kandang sapi milik warga saya kebakaran yang mengakibatkan satu ekor sapi mati terbakar. Mungkin kebakaran ini disebabkan percikan api kecil. Entah dari mana sumber api tersebut, yang jelas pemilik rumah tidak membakar sampah dan untuk arus aliran listrik aman,” ujarnya.

“Kemungkinan bisa saja dari buangan puntung rokok yang masih hidup karena ada beberapa jerami di sekitar kandang sapi. Pas, kebetulan ada angin sehingga bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran,” simpulnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Namun akibat kebakaran tersebut korban mengalami kerusakan total dan satu ekor sapi mati terpanggang. Sehingga korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.