Inovasi Lingkungan Sekardadu Dinas PU Pengairan Banyuwangi Dianugerahi Top 30 Kovablik Jawa Timur

by -488 Views
Kadis PU Pengairan Ir. Guntur Priambodo (kanan) saat menerima penghargaan atas Inovasi Sekardadu dari Wagub Provinsi Jatim Emil Dardak
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Program inovasi lingkungan Sekardadu, yang dikelola oleh Dinas PU Pengairan Banyuwangi, meraih penghargaan “Top 30 Inovasi Terpuji” dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Timur 2023.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, pada pembukaan pameran inovasi Pelayanan Publik dan Jatim Bureaucracy Fest 2023, di Batu, Kamis (23/11/23).

iklan aston

Inovasi Sekardadu bertujuan menjaga kebersihan sungai dari daerah tangkapan air (hulu) hingga hilir. Program ini melibatkan sekolah, termasuk SD hingga SMA, dan perguruan tinggi dalam upaya bersama merawat kebersihan sungai di sekitar lingkungan mereka.

“Ini merupakan gerakan masif untuk membudayakan warga menjaga aliran sungai. Sungai dengan mata airnya sangat berperan dalam kehidupan,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Selama dua tahun berjalan, Sekardadu berhasil merawat 65 sungai dan saluran air sepanjang 29.700 meter. Melalui monitoring hingga September 2023, program ini telah memberikan dampak positif.

“Ke depan, ini akan terus dimasifkan hingga mencapai target 70.300 meter sungai yang akan dirawat,” kata Kepala Dinas PU Pengairan, Guntur Priambodo.

Inovasi ini akan terus dikembangkan, termasuk dengan pembuatan sistem digital untuk monitoring yang lebih efektif. “Kolaboratif dengan OPD, dunia pendidikan, dan masyarakat, program ini akan terus ditingkatkan dengan membangun model sistem manajemen sumber daya air yang terpadu,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.