Mahasiswa UNTAG Surabaya Magang di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo

by -896 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
Foto : Mahasiswa magang UNTAG Surabaya ikut serta dalam kepanitian acara Hari Koperasi Nasional ke-76 di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo.
iklan aston

Surabaya, seblang.com – Faizal Hermansyah, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, telah menyelesaikan program magangnya di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, sejak awal Agustus hingga pertengahan September 2023.

Dibimbing dengan penuh arahan oleh Dr. Bambang Sigit Pramono, S.Sos.,M.Si., Faizal aktif terlibat dalam serangkaian kegiatan yang mencakup sosialisasi, pengembangan video, penulisan berita, serta peliputan berbagai acara, termasuk perayaan Hari Koperasi Nasional ke-76.

iklan aston

Faizal mengatakan, magang merupakan salah satu mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa UNTAG Surabaya untuk melaksanakan kerja langsung pada suatu instansi atau perusahaan sebagai syarat kelulusan.

Foto : Mahasiswa magang di kantor Dinakopum Sidoarjo bersama Pak Ary Miftakhul Huda selaku Sub Bag Umum dan Kepegawaian.

“Kegiatan magang ini diharapkan mampu memberikan gambaran kepada mahasiswa akan dunia kerja yang sebelumnya tidak diketahui,” kata Faizal kepada seblang.com, Senin (13/11/2023).

Selain dapat menambah wawasan, kata Faizal, mahasiswa juga dapat membandingkan teori dengan praktik kerja langsung di perusahaan atau instansi lembaga sehingga mahasiswa akan memperoleh kesiapan dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

“Pengalaman berharga ini memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa, menghadirkan dunia kerja secara nyata, serta melengkapi pengetahuan teori dengan pengalaman lapangan,” ujarnya.

Faizal pun menyatakan penuh bangga diberikan kesempatan menjadi bagian dari tim Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. Selain sebagai bukti nilai magang, ia mendapatkan pandangan dan pengalaman nyata akan lingkup kerja sebenarnya. Di sana, mahasiswa magang ditugaskan dalam bidang koperasi dan pengembangan selama 30 hari atau sebulan penuh.

“Ada beberapa tugas yang diberikan kepada mahasiswa magang, diantaranya, ikut serta dalam kegiatan sosialisasi, membantu dalam desain dan editing video untuk keperluan media sosial, membuat press release dan membantu meliput acara internal maupun eksternal,” beber Faizal.

Faizal mengungkapkan, salah satu kegiatan yang menjadi pengalaman bagi mahasiswa magang ialah ketika kegiatan acara Hari Koperasi Nasional ke 76 yang bertempat di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo. Saat itu, mahasiswa magang ditugaskan untuk ikut serta dalam kepanitian.

“Pengalaman ini sangat berharga bagi kami, dikarenakan dalam acara ini mahasiswa magang harus mampu melakukan liputan, membuat artikel untuk publikasi portal berita dan membuat desan infografis untuk publikasi media sosial dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo,” terang Faizal.

Setelah melaksanakan kegiatan magang selama satu bulan, mahasiswa magang Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya mengaku merasa sangat bangga karena telah diberikan kesempatan untuk menambah pengalaman kerja di lapangan di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.