Jalur Tutup Sementara untuk Tamu Negara KTT AIS Forum 2023 Bali, Polri Minta Pengertian Masyarakat dan Wisatawan

by -194 Views
Girl in a jacket

Bali, seblang.comPolri menjalankan Operasi Tribrata Agung 2023 untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2023 yang berlangsung di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Dalam operasi ini, Polri telah membentuk beberapa Satgas, termasuk Satgas Pengawalan, Rute, Patroli, dan Parkir (Walrolakir). Tugas mereka adalah mengamankan dan mengawal kepala negara, menteri, serta delegasi KTT AIS Forum yang menghadiri acara tersebut.

iklan aston

Brigjen Pol Aan Suhanan, Kasatgas Walrolakir, mengonfirmasi bahwa beberapa kepala negara dan delegasi telah tiba di Bali untuk menghadiri KTT AIS Forum 2023.

“Hari ini, ada 4 tamu VVIP yang tiba di Bali, sementara yang lainnya akan tiba besok saat kegiatan dimulai,” kata Aan di 91 Command Center, Bali, Senin, (9/10/2023).

Dia juga melaporkan bahwa situasi pengamanan dan pengawalan tamu VIP dan VVIP berjalan dengan lancar dan kondusif. Para tamu negara tiba di akomodasi mereka tepat waktu, dan Aan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Bali atas keramahannya.

Dalam proses pengamanan dan pengawalan, Aan menjelaskan bahwa Polri telah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sama seperti yang digunakan dalam KTT G20 dan KTT ASEAN sebelumnya.

“Jadi pada KTT ini, SOP yang sama diterapkan, dan kami berkoordinasi dengan TNI untuk pengawalan karena ada VIP dan VVIP. Terkait pengamanan rute, kami memiliki 16 rute yang telah dipersiapkan, termasuk rute darurat dan evakuasi,” ujar Aan.

Tentang penutupan jalur atau rekayasa lalu lintas, Aan menjelaskan bahwa ini tergantung pada situasi. Jalur ditutup hanya ketika tamu VIP dan VVIP melintas, baik dari Bandara ke akomodasi maupun sebaliknya, serta dari akomodasi ke lokasi acara.

“Dalam totalitasnya, penutupan jalur tidak bersifat permanen. Hanya sementara saat delegasi melintas. Kami meminta maaf kepada masyarakat Bali dan wisatawan atas ketidaknyamanan dan kemacetan yang mungkin terjadi saat delegasi sedang melintas,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.